islampos
Media islam generasi baru

Selain Dr. Zakir Naik, Ini 3 Pedakwah yang Jadi Perhatian Dunia

foto: feedback
0

INDIA—Ulama Zakir Naik yang saat ini tengah populer karena kepiawaiannya dalam berdakwah di setiap majelis akan menggelar ceramahnya di Indonesia pada tahun ini.

Masyarakat Indonesia sangat antusias menyambut kedatangan ulama tersebut. Beberapa tokoh mulai dari Ustadz Yusuf Mansur, Ustadz Arifin Ilham, hingga Wakil Presiden Jusuf Kalla bersedia meluangkan waktunya untuk menjamu Zakir Naik saat berada di Jakarta.

Jika dilihat dari kemampuannya, Zakir Naik termasuk kedalam ulama yang pandai dalam ilmu perbandingan agamanya dan mampu merefleksikan antara agama Islam dengan ilmu pengetahuan.

Kemudian, ia seringkali berceramah di depan ribuan umat Islam dan umat agama lainnya yang kerap hadir. Sehingga tidak sedikit orang yang memutuskan untuk masuk Islam setelah mendengarkan ceramahnya.

Karakter Zakir Naik membuatnya pamor di antara para pengikut dakwah lainnya.

Namun di dunia ini, masih terdapat banyak pedakwah yang memiliki gaya dan kemampuan serupa Zakir Naik. Berikut ulama lainnya yang saat ini jadi perhatian dunia:

1. Ahmed Deedat

Foto: محاضرات احمد ديدات بالعربية كاملة – كل اسبوع محاضرة

Ketika membicarakan pedakwah Islam dengan reputasi dunia, nama Ahmad Deedat tak luput dari perhatian. Jam terbangnya telah teruji melanglang buana ke berbagai negara di Timur Tengah, Afrika, Eropa, dan Amerika. Dialah yang mengawali praktik dakwah ke dunia Barat.

Mengutip Arab News, ulama kelahiran India ini adalah pedakwah yang sangat berdedikasi terhadap kegiatan keagamaan di berbagai negara. Dia tidak berhenti berjuang untuk terus memperjuangkan Islam agar bisa diterima baik oleh semua orang, terutama setelah tragedi serangan teroris 9 September 2001.

2. Nouman Ali Khan

Foto: Profile Facebook Nouman Ali Khan

Dia salah satu ulama muda paling menonjol di dunia. Nouman memiliki latar belakang akademisi. Ia adalah profesor di bidang tafsir. Nouman kemudian mendirikan Bayyinah Institute, sebuah pusat studi pendidikan di Amerika Serikat.
Kemampuannya menyederhakan analisis yang rumit tentang Alquran disertai penyampaian yang cakap dalam bahasa Inggris membius setiap jemaah yang memperhatikan ceramahnya.

3. Abu Ameenah Bilal Phillips

Foto: Profile Facebook Dr. Bilal Philips

Konsistensi terhadap nilai Islam membuat banyak orang kagum kepada Bilal. Dia pendukung aliran Salafi yang menganut ajaran Islam yang cenderung konservatif. Untuk mendorong gagasannya, Bilal aktif berdakwah. Dia juga aktif sebagai guru dan juga penulis.
Bilal adalah warga Kanada yang lahir di Jamaika. Pengetahuan agama dia dapat setelah menempuh pendidikan sarjana dan master di bidang Akidah. Situs Muslim Inc memasukkan Bilal sebagai pedakwah paling berpengaruh di dunia karena buku dan ceramahnya. Demikian dilansir Kumparan, Senin (6/3/2017). []

loading...
loading...