ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Sekjen PBB: Saya Bermimpi Negara Palestina Akan Merdeka

Foto: alarabiya
0

GAZA – Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, mengatakan bahwa ia bermimpi untuk melihat Jalur Gaza menjadi bagian dari satu negara Palestina yang berdaulat. Itu dikatakannya saat melakukan kunjungan ke Jalur Gaza untuk pertama kali.

“Saya bermimpi melihat sebuah negara Palestina hidup dalam situasi damai dan aman berdampingan dengan Israel, dan saya bermimpi melihat Gaza sebagai bagian dari satu negara Palestina yang berdaulat,” kata Guterres dalam sebuah konferensi pers di salah satu sekolah PBB di Gaza utara.

Ketika konvoi melewati sebuah pos pemeriksaan yang dikendalikan Hamas, kerabat tahanan Palestina mencegatnya dan berdemonstrasi sebelum konvoi tersebut melanjutkan perjalanan ke kota Gaza.

Sementara itu, Dewan Hubungan Luar Negeri Palestina menyatakan mengecam ketidakpedulian Sekjen PBB atas penderitaan lebih daru 2 juta warga Palestina yang tinggal di Gaza. Pernyataan dari dewan yang berbasis di Gaza itu dikirimkan melalui surat elektrokik atau email.

“Ketidakpedulian ini melanggar prinsip dan tujuan paling sederhana dari Perserikatan Bangsa-Bangsa,” kata dewan tersebut.

“Kami meminta masyarakat internasional untuk memberikan bantuan kemanusiaan yang dibutuhkan ke Jalur Gaza. Perpecahan internal Palestina menghancurkan rakyat Palestina,” ucapnya seperti dikutip dari Xinhua, Kamis (31/8/2017).

Guterres menyerukan untuk menghapus semua hambatan untuk mendirikan negara Palestina, dan menekankan pentingnya menyelesaikan krisis kemanusiaan di Gaza.

“Tapi masalah Gaza tidak hanya kemanusiaan, juga politis,” pungkasnya.[]

 

 

 

 

loading...
loading...