ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Sekjen Liga Arab Desak AS Batalkan Larangan Masuk Warga dari 6 Negara Arab

0

KAIRO – Sekretaris Jenderal Liga Arab Ahmed Aboul Gheit menyerukan pemerintah baru AS untuk mempertimbangkan kembali larangan sementara masuknya warga dari enam negara Arab.

Dikutip dari Anadolu Agency, Aboul-Gheit menyuarakan keprihatinannya atas penerapan kebijakan imigrasi ketat pemerintah baru AS dan mengecam dengan menyebut langkah itu sebagai pembatasan masuknya warga negara Arab ke AS serta penghentian sementara pintu masuk pengungsi Suriah ke negara itu.

“Pembatasan ini bertentangan dengan perkembangan positif dunia dalam beberapa dekade terakhir, ditandai dengan keterbukaan antara bangsa-bangsa dan memungkinkan orang dengan bebas melakukan pergerakan,” kata Ketua Liga Arab dalam sebuah pernyataan Ahad lalu.

Dia melanjutkan dengan memperingatkan terhadap efek berbahaya atas langkah pelarangan terkait “kesatuan” dari keluarga pengungsi dan dialog lanjutan antara masyarakat Arab dan Amerika.

“Suspensi arus masuk pengungsi Suriah ke AS, meskipun sementara, merupakan sumber perhatian khusus, mengingat kedalaman tragedi Suriah telah menyebabkan pengungsian besar-besaran dalam beberapa tahun terakhir,” tambahnya.

Jumat lalu, Presiden AS Donald Trump menandatangani sebuah perintah eksekutif yang menangguhkan masuknya pengungsi ke AS untuk jangka waktu tiga bulan.

Perintah itu juga melarang warga asal Suriah, Irak, Sudan, Libya, Somalia, Yaman dan Iran untuk memasuki AS dalam jangka waktu 90 hari.[fq/islampos]

loading...
loading...