islampos
Media islam generasi baru

Sejak Krisis Masjidil Aqsha, Lebih dari 30 Wartawan Palestina Terluka

Foto: PIP
0

GAZA—Tindakan kekerasan polisi Israel terhadap para wartawan saat meliput aksi solidaritas Masjidil Aqsha dikecam Forum Jurnalis Palestina. Pasalnya, lebih dari 30 wartawan mendapat serangan brutal di Al-Quds.

Forum Jurnalis Palestina melaporkan, 13 di antaranya mendapat pukulan tongkat. Parahnya, Zionis menembakkan peluru karet ke 6 wartawan Palestina, dan yang lainnya terluka akibat gas air mata.

Meriam suara dan semprotan air limbah juga digunakan pasukan penjajah Zionis untuk menyerang para wartawan saat bertugas di lapangan. Ditambah dengan penangkapan dan penahanan 9 wartawan di al-Quds dan Tepi Barat.

Forum Jurnalis Palestina juga menyorot serangan pemukiman dan merusakan peralatan 8 wartawati, yang diserang pada saat bertugas di daerah pintu Asbat.

“Berlanjutnya kejahatan penjajah Zionis dan pelanggaran yang dilakukan secara eskalatif terhadap para wartawan di kota al-Quds, merupakan pelanggaran serius terhadap hukum internasional dan piagam yang menjamin kebebasan kerja jurnalis, serta mengkriminalkan penyerangan dan pelecehan terhadap mereka,” tulis Forum Jurnalis Palestina dalam sebuah pernyataan.

Hal ini menyebabkan terbatasnya kebebasan berpendapat dan berekspresi bagi para wartawan dan jurnalis pada saat meliput peristiwa penutupan masjid al-Aqsha dalam dua pekan terakhir.

“Ini adalah akibat tindakan penjajah Zionis di tengah aksi penangkapan, penyerangan, pelecehan dan perusakan terhadap peralatan wartawan. Mereka (wartawan) juga dihalangi untuk mendapatkan informasi, dan dilarang untuk meliput peristiwa ini.”

Forum Jurnalis Palestina menyerukan lembaga-lembaga HAM dan yang konsen pada wartawan, terutama Persatuan Wartawan Internasional, Persatuan Wartawan Arab dan organisasi koresponden Without Border untuk tidak tinggal diam terhadap serangan yang dialami para wartawan.

“Segera turun tangan untuk menghentikannya, serta memberikan perlindungan bagi para wartawan yang bekerja,” pinta Forum Jurnalis Palestina.

Forum ini juga menyerukan pentingnya lembaga-lembaga pro-Wartawan mengirim tim investigasi untuk melihat kejahatan penjajah Zionis terhadap para wartawan di tanah Palestina, agar mereka (wartawan) tidak mengalami penyerangan lagi.

Forum Jurnalis Palestina menghimbau media masa Arab dan internasional yang bekerja di tanah Palestina untuk memikul tanggung jawabnya dan menyambut seruan al-Quds dan al-Aqsha, serta menyampaikan perderitaan yang dialami rakyat Palestina akibat arogansi Zionis dan kebrutalannya.

Kemudian mengungkap tindakan-tindakan mereka (Zionis) terhadap para jamaah di masjid al-Aqsha yang bertentangan dengan seluruh hukum dan piagam internasional serta mengingkari hak rakyat Palestina di kota suci al-Quds.

Forum Jurnalis Palestina menyerukan kepada para aktivis media sosial untuk mengembangkan inovasi mereka dalam membela masjid al-Aqhsa dengan cara khusus mereka. []

Sumber: PIP

loading...
loading...