islampos
Media islam generasi baru

Sejak 2012, Warga Suriah Naik Kereta untuk Pertama Kalinya di Tahun Ini

foto: press tv
0

ALEPPO—Layanan Kereta Api di Aleppo, Suriah dibuka untuk pertama kalinya sejak 2012 pada Rabu (25/1/2017).

Sontak saja, hal itu membuat ratusan warga Suriah menaiki kereta melewati daerah porak-poranda Aleppo timur.

Berdasarkan laporan dari fotografer yang bekerja untuk AFP, Laki-laki, perempuan dan anak-anak mengintip ke luar jendela saat mereka melintasi distrik di timur setelah rezim merebutnya kembali dari pemberontak pada Desember.

“Itu perjalanan kereta pertama sejak pemberontak menyerbu Aleppo timur pada musim panas 2012 setelah pertempuran selama empat tahun,” tutur fotografer itu.

Fotografer itu melanjutkan, seorang masinis berjaket kulit menjalankan gerbong yang penuh dengan penumpang dari Stasiun Jibreen di pinggiran timur kota tersebut melintasi bekas garis terdepan kota ke stasiun kereta utama Aleppo Baghdad.

“Saat mereka perlahan bergerak melalui puing-puing, penumpang terkejut dengan kerusakan yang terjadi. Mereka pun langsung mengeluarkan ponsel untuk mengabadikan gambar,” tuturnya.

“Bahkan di daerah di sisi timur, yang dipenuhi dengan puing-puing setelah serangan udara selama beberapa tahun, orang-orang berkumpul di dekat rel, menatap kereta pertama yang mereka lihat sejak 2012,” ungkap fotografer itu, demikian Dailymail. []

loading...
loading...