Sedekah Tanaman Pak Udin

Foto: Elaine Casap/Unsplash
0

Oleh: Ernydar Irfan

 

SAYA dan suami saya Irfan Yuniarto kenal pak Udin sejak hampir 3 tahun belakangan. Beliau bekerja di gudang penggilingan beras milik adiknya. Secara fisik beliau normal, hanya beliau ada gangguan bicara sehingga sulit kita memahami ucapan beliau. Tapi dengan kekurangan beliau itu, beliau tetap selalu bersemangat mengobrol apa saja setiap kali kami berkunjung kesana mengambil hasil panen beras kami.

Belakangan, didepan bangunan penggilingan beras ini ditananami bibit tanaman. Macam-macam, seperti pepaya, rambutan, mangga, durian, lada, pala, cabai, tomat, dll. Sebelum kedatangan yang sekarang, beliau memberi saya 3 bibit cabai jawa. Saya pikir beliau hendak menjual bibit tanaman itu, saya paksa membayarnya, tapi beliau bersikeras menolaknya.

Dua minggu yang lalu, suami mengajak saya ke sana, sekalian mencari udara segar untuk membantu merilekskan syaraf-syaraf saya, kita mampir mengambil beras. Sampai di penggilingan, seperti biasa kami berbincang. Pandangan saya tertuju pada pohon jeruk limo / jeruk sambal di sebelah.

“Wah tumben gak ada buahnya,” ucap saya sambil melirik menjelajahi pohon jeruk itu.

“Iya Bu. Lagi gak ada,” jawab pak Udin.

“Kayaknya musti nanem sendiri deh nih,” sepontan ucap saya sambil ketawa. “Masa kalau mau jeruk sambel yang airnya banyak musti ke sini, abis kalau beli di pasar kenapa yaa airnya dikit banget,” saya mulai berceloteh.

“Itu saya ada bibitnya Bu. Bawa aja, biar Ibu tanam di rumah. Jadi gak nunggu kesini dulu kalau mau jeruk limo bagus,” kata Pak Udin sambil terkekeh dan beranjak ke deretan bibit tanaman menunjukan 3 bibit tanaman jeruk limo.

“Waduh. Banyak amat Pak. Harganya berapa?” saya mulai bertanya riang riang.

“Bawa aja Bu…” kata Pak Udin.

“Masa bawa melulu. Entar rugi Pak Udin jualan bibitnya saya rampokin terus.”  Kata saya tertawa riang.

“Ini gak jualan Bu, ini sengaja dibibit buat sedekah aja. Kalau ada yang butuh, silahkan ambil. Kalau sudah ada agak besar belum ada yang ambil, saya tanam di tanah kosong atau di gunung Bu.”

“Di tanah Pak Udin?” tanya saya penasaran.

“Enggak, ditanah siapa aja, nanti juga manfaat. Kan kalau berbuah nanti juga ada yang ngambil buahnya, kan manfaat juga buat orang.”

“Mudah-mudahan jadi amalan yang ngalir. Kalau nanem sedekah tanaman manfaat gini kan kita udah gak mikir berapa banyak sedekah kita, berapa banyak manfaat yang kita keluarin, kita juga gak ngerasa ngeluarin apa-apa buat sedekah, soalnya kadang yang bikin berat sedekah itukan pas mikir ngeluarinnya. Kita juga kadang lagi gak bisa sedekah, atau malah lagi lupa sedekah. Kalau inikan kalau tanamannya berbuah terus manfaat buat orang, kita gak tau kalau kita sedekah. Mudah-mudahan jadi amalan sedekah tersembunyi yang ikhlas dan berkah,” katanya tertawa.

Dengan susah payah saya memahami perkataan beliau, hingga akhir ucapannya membuat saya begitu terpana. Kesederhanaan, keterbatasan bahkan dalam kekurangannya pak Udin ternyata lebih cerdas dalam berstrategi sedekah. Sesuatu yang mungkin tak terpikirkan orang lain.

Semangat sedekah dan memberi manfaat menjiwai kehidupannya, yang secara materi jauh dibawah keberuntungan hidup kita. Tapi beliau InsyaAllah adalah calon orang kaya di surga dengan bekal sedekahnya.

Bagaimana dengan kita? []

loading...
loading...