Sedekah Tak Selalu Soal Harta

0

ORANG yang suka bersedekah akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda di hadapan Allah. Selain itu, orang yang senang bersedekah juga mendapatkan jaminan surga dari Allah bahwa sedekah akan melindunginya di hari perhitungan.

Dalam riwayat Ibnu Hibban dan Hakim dari Uqabah ia mendengar Rasulullah Saw bersabda, “Setiap orang bernaung di bawah perlindungan sedekahnya hingga ditetapkan hisab (perhitungan) di antara manusia di yaumil akhirat.”

Bersedekah tak hanya sekedar memberikan uang kepada fakir miskin. Jika selama ini kita berpikir bahwa sedekah hanya untuk orang kaya saja, nampaknya kita harus membuka wawasan kita bahwa sekedah tak hanya memberikan harta yang kita miliki kepada orang lain. Ada pun macam-macam sedekah yang perlu kita ketahui bersama adalah :

1. Senyuman

Senyuman ikhlas yang diberikan kepada orang lain juga merupakan sedekah. Dengan senyuman, kita dapat merapatkan ukhuwah dan kasih sayang serta menggembirakan hati orang lain.

2. Amar ma’ruf dan nahi mungkar

Berpesan dengan kebaikan dan mencegah terjadinya kemungkaran merupakan salah satu sedekah yang dapat kita lakukan. Keadaan ini bisa juga diartikan sebagai menyelamatkan teman kita dari azab neraka.

3. Membantu menyelesaikan masalah orang lain

Dalam salah satu haditsnya, Rasulullah Saw menyatakan bahwa menunjukkan jalan kepada orang yang tersesat merupakan sedekah. Jika kita menyelesaikan kesusahan dan melepaskan saudara kita dari kesempitan, perbuatan kita tersebut bisa dikatakan sebagai sedekah.

4. Membuang benda yang menjadi penghalang di jalan

Membuang benda-benda yang berbahaya dan menghalangi perjalanan seperti duri, kaca, kayu dan sebagainya juga merupakan sedekah.

5. Uang atau harta benda

Kita mengulurkan sedekah atau harta benda lain seperti pakaian, makanan, tempat tinggal dan tanah tempat kediaman juga merupakan sedekah.

6. Memberikan pertolongan

Sedekah juga dapat dilakukan dengan menolong orang yang memerlukan pertolongan dengan memberikan bantuan berupa apa pun itu.

Sedekah tak hanya terpaku kepada harta atau pun uang saja. Sudah sangat jelas bahwa senyuman pun bisa menjadi sedekah. Maka jangan persempit pemikiran kita dengan membatas-batasi suatu ibadah.

Semoga kita termasuk ke dalam orang-orang yang mampu bersedekah kapan pun dan di mana pun. []

 

Sumber : Allah Maha Pemurah Maka Engkau Gampang Nikah/Yusuf Mansur/Salamadani

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline