Sedekah, Tak Melulu Soal Uang

Foto: Elaine Casap/Unsplash
0

MENYOAL sedekah, acapkali kita berpikir tentang uang. Ketika kita memiliki rezeki berlebih—terutama dalam bentuk uang—maka saat itulah kita bisa bersedakah. Namun benarkah jika sedekah itu harus selalu dengan uang?

Bagaimana ketika kita ingin bersedekah, namun tak memiliki uang? Pastinya urung dilakukan. Rasulullah member tuntunan pada kita semua, perihal bersedekah tanpa menggunakan uang—harta.

Senyum

Ah, siapa yang tak suka melihat teman, sejawat, keluarga yang sedap dipandang mata—selalu menebar senyum manis kepada kita. Itulah sedekah paling sederhana dan mudah yang bisa kita lakukan untuk bersedekah.

“Senyummu terhadap saudaramu adalah sedekah” (H.R. Tirmidzi, no. 1956)

“Janganlah engkau meremehkan kebaikan sekecil apapun, walaupun itu hanya berupa wajah ceria di hadapan saudaramu!” (HR.Muslim, no.2626)

Memberikan salam

Salam adalah doa, apalagi ketika kita meniatkannya sebagai sedekah. Bukankah mudah untuk mengucap “Assalaamu’alaikum warrahmatullaahi wabarakaatuh” ketika bertemu handai taulan

Menyingkirkan gangguan di jalanan

Kerapkali kita menemukan paku, duri, atau benda tajam lainnya yang mengganggu perjalanan. Menyingkirkan hal itu sangat mudah, dan tak butuh tenaga berlebih. Ia bahkan bernilai sedekah.

Jalan kaki menuju masjid atau mushalla untuk melakukan shalat, itu bernilai sedekah. Cermati hadits berikut.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah  bersabda, ”Setiap persendian manusia ada sedekahnya setiap hari di mana matahari terbit di dalamnya, kamu mendamaikan di antara dua orang adalah sedekah,kamu membantu seseorang untuk menaikkannya di atas kendaraannya atau mengangkatkan barangnya di atasnya adalah sedekah, kalimat yang baik adalah sedekah, pada tiap-tiap langkah yang kamu tempuh menuju shalat adalah sedekah, dan kamu membuang gangguan dari jalan adalah sedekah.” (HR.al-Bukhari, no.2989 dan Muslim, no 1009).

Berhubungan intim

Bagi yang sudah memiliki pasangan hidup—pasutri—berhubungan intim ternyata bernilai sedekah lho. Selain mendapat kebahagaiaan, juga berlimpah pahala.

“Hubungan intim (dengan istrimu) adalah sedekah.” (HR. Muslim, no.1006). []

loading...
loading...