islampos
Media islam generasi baru

Sedang Junub, Bolehkah Mendengarkan Al-Quran?

Ilustrasi: Virtual Mosque
0

Assalamuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

TANYA: Apakah orang yang lagi janabat diperbolehkan mendengarkan Al-Qur’an? Saya telah membaca hukum junub, bahwa tidak diperbolehkan memegang Al-Qur’an dan membacanya bagi orang yang junub. Apakah ketika diharamkan membacanya, dilarang juga mendengarkannya? Terima kasih.

KT

Wassalamuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

JAWAB: Dikutip dari islamqa.ca., pertama, bahwa orang junub tidak diperkenankan membaca Al-Qur’an dan menyentuh mushaf Quran.

Kedua, orang yang junub tidak menghalangi pelakunya dari mendengarkan bacaan Al-Qur’an. Hal itu dikarenakan tidak adanya larangan untuk mendengarkan. Syekh Ibnu Baz rahimahullah telah ditanya, apakah orang junub diperbolehkan membaca Al-Qur’an dengan hafalan. Kalau tidak diperbolehkan, apakah diperbolehkan mendengarkannya?

Beliau menjawab: “Junub tidak diperkenankan membaca Al-Qu’ran, baik dari mushaf maupun dari hafalan sampai dia mandi. Karena telah ada ketetapan dari Nabi sallallahu’alaihi wa sallam bahwa tidak ada yang menghalangi sesuatu dari Al-Qur’an melainkan janabah. Sementara mendengarkan Al-Qur’an tidak mengapa, karena didalamnya ada faedah yang agung tanpa menyentuh mushaf, tidak juga membaca dari Al-Qur’an.” Selesai dari Majmu’ Fatawa Ibn Baz, 10/152.

Akan tetapi syarat diperbolehkan mendengarkan Al-Qur’an tidak menggerakkan lisan dengan bacaan. Karena menggerakkan lisan dengan huruf, termasuk bacaan. Sementara orang junub dilarang membaca AL-Qur’an seperti tadi.

Dinukilkan oleh Ibnu Rusyd dari Imam Malik rahimahullah bahwa beliau mengatakan, ‘Sesungguhnya bacaan itu dengan menggerakkan lisan. Silahkan lihat, ‘Al-Bayan Wat Tahsil, 1/490.

Hasilnya adalah bahwa orang junub diperbolehkan mendengarkan Al-Qur’an dengan syarat tidak menggerakkan lisannya dengan bacaan.

Wallahu’alam. []

loading...
loading...