islampos
Media islam generasi baru

WHO: Secara Gobal, Kerugian Akibat Rokok Capai 1 Triliun Dolar

Foto: Science Clarified
0

AS—Biaya kerugian ekonomi global akibat rokok telah mencapai lebih dari 1 triliun USD per tahun. Rokok juga akan membunuh satu dari tiga orang pada tahun 2030 mendatang. Keterangan ini dirilis pada Selasa (10/1/2017) berdasarkan studi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Institut Kanker Nasional AS.

Biaya kerugian ini ternyata jauh melampaui pendapatan global dari pajak tembakau, yang diperkirakan mencapai sekitar 269 miliar USD pada 2013-2014, Reuters melaporkan.

“Jumlah kematian akibat rokok akan meningkat dari sekitar 6 juta kematian setiap tahun menjadi sekitar 8 juta kematian per tahun pada 2030. Dan lebih dari 80 persen kematian terjadi di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah,” kata studi tersebut.

Studi ini mengatakan bahwa beberapa kebijakan yang murah bisa berguna untuk mencegah kematian akibat rokok. Misalnya menaikkan pajak dan harga rokok, kebijakan bebas asap rokok yang komprehensif, larangan ketat mengenai pemasaran rokok, dan label dengan gambar peringatan yang menonjol dapat membantu dalam menghentikan kebiasaan merokok.

Pajak tembakau juga dapat digunakan untuk mendanai kampanye media massa anti-rokok dan dukungan untuk layanan penghentian dan perawatan. []

loading...
loading...