ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Sebelum Nikah Bareng, 30 Pasang Pengantin Ini Lafalkan Pancasila

Foto: Okezone
0

BANTUL–Sebanyak 30 pasang pengantin mengikuti kegiatan ‘Nikah Bareng Ramadhan Berkah’ di kompleks Masjid Islamic Center Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Desa Tamanan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Nikah Bareng Ramadan Berkah ini merupakan pernikahan bareng dalam bulan Ramadhan yang pertama dengan tema ‘Merajut Cinta untuk Keberkahan Indonesia’,” kata Ketua Pelaksana Ryan Budi Nuryanto di Masjid Islamic Center UAD Bantul di sela acara, Minggu (4/6/2017) sore.

Menurut dia, acara nikah bareng ini diselenggarakan Forum Taaruf Indonesia (Fortais) Sewon Bantul yang bekerja sama dengan Takmir Masjid UAD dan didukung sejumlah pihak terkait misalnya pengusaha dekorasi dan Himpunan Ahli Rias Pengantin Indonesia (HARPI) DIY.

Ryan yang juga ketua Fortais Sewon ini mengatakan, calon pengantin nikah bareng berasal dari wilayah DIY dan luar daerah seperti Jawa Tengah (Jateng) dengan latar pendidikan mulai dari sekolah dasar (SD) sampai sarjana yang sebelumnya sudah mengikuti kontak jodoh yang difasilitasi forum ini.

Para calon pengantin itu, lanjut dia, sebelumnya telah mengikuti pembekalan pra-nikah dengan dibekali kemampuan untuk dapat membina keluarga dan bisa membaca Alquran serta penanaman nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk terwujudnya pasangan sakinah yang islami membawa keberkahan bagi Indonesia sesuai tata kehidupan masyarakat berpancasila dilandasi cinta Ramadan serta mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” katanya.

Ia mengatakan, prosesi Nikah Bareng Ramadhan Berkah ini sebelum dilakukan ijab qabul diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan melafalkan Pancasila oleh para calon pengantin secara bersama-sama.

“Dengan perbedaan yang ada ini bisa sebagai perekat persatuan bangsa yang berlandaskan budaya dan kearifan lokal daerah masing-masing peserta, sehingga pernikahan ini membawa misi religi, budaya, kebangsaan dan wisata di DIY,” katanya.

Melalui kegiatan nikah bareng Ramadan ini, kata dia, diharapkan tercipta keluarga sakinah yang cinta NKRI dan cinta Ramadhan sejak dini, sekaligus ikut serta dalam mewujudkan semangat golong giling menuju Indonesia Sejahtera.

“Kami harap kegiatan ini dapat berjalan di tahun-tahun mendatang dan sebagai syiar, menjadi acara rutin untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat kurang mampu untuk bisa menikag sesuai anjuran agama dan pemerintah,” katanya. []

Sumber: Okezone

loading...
loading...