ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Sebarkan Hoax, Begini Akibatnya

0

Advertisements

BERITA hoax, semakin hari semakin banyak disebarluaskan oleh segelintir orang tak bertanggungjawab, hal itu kemudian meresahkan banyak orang. Entah apa motif dari perbuatannya, namun yang jelas hal ini tidak dapat dibiarkan begitu saja.

Allah berfirman, “Kabarkanlah kepada orang-orang munafik bahwa mereka akan mendapat siksaan yang pedih“.

Firman Allah SWT, “Sesungguhnya orang-orang yang membawa berita bohong itu adalah dari golongan kamu juga. Janganlah kamu kira bahwa berita bohong itu buruk bagi kamu bahkan ia adalah baik bagi kamu. Tiap-tiap seseorang dari mereka mendapat balasan dari dosa yang dikerjakannya. Dan siapa di antara mereka yang mengambil bahagian yang terbesar dalam penyiaran berita bohong itu baginya azab yang besar.” (QS. An-Nur: 11)

Ingatlah bahwa orang munafik itu dilihat dari tutur katanya, dan salah satunya adalah kalau bicara dia dusta. Seperti sabda Nabi SAW. “Dari Abu Hurairah, bahwa Nabi SAW bersabda, Tanda-tanda orang munafik ada tiga: jika berbicara dia berdusta, jika berjanji dia mengingkari, dan jika diberi amanah dia berkhianat.” (HR. Al- Bukhari)

Ketahuilah bahwa menyebar berita hoax sama halnya dengan memfitnah, sedangkan Allah berfirman dalam Qur’an, “Dan janganlah kamu ikuti setiap orang yang banyak bersumpah lagi hina, yang banyak mencela, yang kian ke mari menghambur fitnah.” (QS Al-Qalam 10-11)

Dalam ayat lain, Allah berfirman: “Sesungguhnya orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka. Dan kamu sekali-kali tidak akan mendapat seorang penolongpun bagi mereka.”(Annisa:145)

Nabi SAW pun turut bersabda: “Sebaik-baik umatku ialah mereka yang bila dilihat, langsung teringat Allah dan sejahat-jahat umatku adalah orang yang berkeliaran menyebar fitnah yang memisahkan antara saudara.”

Dalam Hadits lain Nabi SAW juga bersabda bahwa: “Tidak dapat masuk surga tukang fitnah.” (HR Bukhari Muslim)

Selain bedusta dan memfitnah, menyebar berita hoax juga seperti mengadu domba antara satu pihak dengan pihak lainnya. Sedangkan banyak balasan bagi orang-orang yang mengadu domba. Sepertii Hadits Nabi SAW: “Tidak akan masuk surga orang yang suka mengadu domba.” (HR. Muslim no. 105)

Dari Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhuma bahwasanya Rasulullah SAW berjalan melalui dua buah kubur, lalu bersabda, “Sesungguhnya kedua orang yang mati ini disiksa, tetapi tidaklah mereka disiksa karena kesalahan besar. Ya, tetapi sebenarnya besar juga -bila dilakukan secara terus menerus-. Adapun yang seorang diantara keduanya itu dahulunya -ketika di dunia- suka berjalan dengan melakukan adu domba, sedang yang lainnya, maka ia tidak suka menghabiskan sama sekali dari kencingnya -yakni di waktu kencing kurang memperdulikan kebersihan serta kesucian dari najis.” (HR Imam Bukhari)

Selain dampak untuk diri sendiri di akhirat kelak, menyebar berita hoax juga bisa mengancam persatuan dan kesatuan bangsa. Karena saat ini hampir semua pihak menjadi korban berita-berita hoax, karena tujuan para provokator pembuat berita-berita hoax itu ya mengadu-domba sesama anak bangsa. Wallahu a’lam. []

Diolah dari berbagai sumber.

Artikel Terkait :

loading...
loading...

Sponsored

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline