islampos
Media islam generasi baru

Sebanyak 24 Ribu Muslim Inggris Pergi Haji Tahun Ini

Foto: Google
0

LONDON – Direktur Dewan Haji Inggris, Rasyid Maghradiyah, mengatakan bahwa pihaknya telah menggelar sejumlah pelatihan dan pendidikan tentang haji untuk Muslim Inggris supaya mereka bisa menjaga diri dan kesehatan saat berdesak-desakan dengan jamaah lain.

Mereka juga mendapat pelatihan cara menghadapi suhu panas ekstrem dan menjaga kelembaban tubuh.

Seperti diketahui, jumlah pemeluk agama Islam di Inggris meningkat tajam dalam beberapa tahun terakhir. Badan Nasional Statistik Inggris (ONS), awal 2016, melaporkan bahwa warga Muslim menembus angka tiga juta.

Menurut ONS, total seluruh warga Muslim Inggris mencapai 3.114.992 pada 2014 atau setara dengan 5,4% dari total populasi. Faktor utama peningkatan jumlah ini karena angka kelahiran dan transmigran.

Departemen Luar Negeri Inggris, Rabu (30/08), mengatakan sebanyak 24 ribu lebih warga Muslim Inggris berangkat haji tahun ini. Pihaknya pun menjanjikan bantuan konsuler bagi mereka.

Kantor media dan hubungan regional pemerintah Inggris menyebutkan bahwa Deplu menyadari pentingnya ibadah haji bagi warga Muslim Inggris. Untuk itu, kami memberikan bantuan konsuler di banyak wilayah.

Bantuan konsuler itu mencakup penerbitan dokumen perjalanan darurat sebagai ganti bagi paspor yang hilang, membantu jamaah haji yang sakit atau membutuhkan perawatan di rumah sakit. Memberi bantuan kepada keluarga yang ditinggal mati selama menjalankan ibadah haji, menyediakan layanan informasi tentang pengacara, juru bahasa, dokter dan pemakaman setempat, dan informasi mengenai transfer dana.[]

 

Sumber: Al-Jazeera

loading...
loading...