islampos
Media islam generasi baru

Saudaraku, Kajilah Ilmu Agama

Foto: Fatmah/Islampos
0

SAUDARAKU,

ILMU merupakan pedoman hidup kita. Maka, tak heran jika Allah SWT dan Rasul-Nya menganjurkan kepada kita untuk menuntut ilmu. Di mana pun dan kapan pun ilmu harus kita cari, walau ke negeri seberang sekali pun.

Saudaraku,

Dengan ilmu kita dapat mengertahui arah kebenaran untuk menggapai ridhanya. Akan tetapi, dengan ilmu pula kita akan tersesat, menjauh dari cahaya Ilahi. Maka dari itu, mengkaji ilmu agama menjadi suatu hal yang harus kita lakukan. Karena sudah barang tentu, ilmu agama akan menuntun kita ke jalan kebenaran dan keselamatan.

“Barangsiapa menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu, maka Allah memudahkan baginya jalan menuju surga,” (Shahih, lihat Shahiihul Jaami’ (no. 6298).

Sudaraku,

Menuntut ilmu dapat kita cari di mana saja. Salah satu tempat yang mudah ialah di masjid. Ya, di sanalah kaum muslimin berkumpul seraya mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Jika kita telah memiliki ilmu, maka tak ada salahnya jika kita berbagi dengan kaum muslimin yang lainnya. Jangan biarkan ilmu itu kita telan sendiri. Karena, ilmu yang bermanfaat ialah ilmu yang digunakan untuk memberikan manfaat pada orang lain. Walau ilmu yang kita miliki sedikit, tapi berpengaruh besar bagi kehidupan, maka sampaikanlah.

Diriwayatkan dari Rasulullah SAW, beliau bersabda, “Barangsiapa berpagi-pagi ke masjid, tidak ada yang dia inginkan kecuali hendak mempelajari kebaikan atau mengajarkannya, maka baginya seperti pahala haji yang sempurna dikerjakannya,” (Shahiihut Targhib wat Tarhiib (no. 86). []

Sumber: Amalan Harian Seorang Muslim/Karya: Abu Muhammad Ibnu Shalih bin Hasbullah/Penerbit: Pustaka Ibnu Umar

loading...
loading...