ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Saudaraku, Inilah 5 Keutamaan Bulan Suci Ramadhan!

0

Advertisements

SAUDARAKU,

Bulan berganti bulan haripun berlalu, tak terasa kita berjumpa dengan bulan mulia, bulan penuh ampunan, yakni bulan suci ramadhan.

Saudaraku,

Bulan ramadhan adalah bulan yang mulia dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Sebab, di bulan ini setiap harinya Allah SWT akan memberikan pahala yang berlipat ganda.

Tahukah saudaraku, Rasulullah SAW bersabda:

“Dari Salman Al-Farisi ra. berkata : Rasulullah saw. memberi khutbah kepada kami di hari akhir dari bulan Sya’ban dan bersabda : “Hai sekalian manusia akan datang bulan yang agung (Ramadhan) yaitu bulan yang penuh berkah di dalamnya. Dalam bulan itu ada malam yang mulia (lailatul qadr)yang lebih utama dari pada seribu bulan. Allah telah mewajibkan puasa di bulan itu, dan shalat tarawih di malamnya sebagai ibadah sunah. Barang siapa yang melakukan kebaikan (ibadah sunah) di bulan itu pahalanya seperti melakukan ibadah wajib dibanding bulan yang lainnya. Dan barang siapa melakukan kewajiban di dalamnya, maka pahalanya seperti melakukan 70 kewajiban dibanding bulan lainnya. Bulan Ramadhan adalah bulan ditambahnya rizki orang mukmin, bulan di awalnya menjadi rahmat, di tengahnya menjadi ampunan dan di akhirnya merupakan kebebasan dari neraka.”(HR. Ibnu Huzaimah)

Saudaraku,

Bulan ramadhan adalah bulan diturunkannya Al Qur’an kitab suci umat islam. Pada bulan suci ini, Allah menurunkan wahyu pertama kali kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril.

Tahukah saudaraku, Allah SWT telah menerangkan hal di atas dalam firman-Nya:

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu.” (QS. Al Baqarah [2] : 185)

Saudaraku,

Di bulan ramadhan Allah memberikan karunia-Nya kepada umat islam. Pada bulan suci ini, setan-setan dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup dan pintu-pintu surga dibuka selebar-lebarnya. Subhanallah.

Tahukah saudaraku, Rasulullah SAW pernah berkata:

“Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu.” (HR. Muslim)

Saudaraku,

Pada bulan Ramadhan terdapat suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan yaitu lailatul qadar atau malam kemuliaan. Menurut para ulama, malam kemuliaan ini jatuh pada malam 10 hari terakhir di bulan Ramadhan.

Tahukah saudaraku, Allah SWT telah berfirman:

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr [97] : 1-3)

Saudaraku,

Bulan ramadhan adalah salah satu momentum berharga untuk memanjatkan doa. Sebab, di bulan suci ini waktu yang tepat untuk bermunajat doa kepada Allah SWT.

Tahukah saudaraku, Rasulullah SAW pernah bersabda:

“Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan,dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do’a maka pasti dikabulkan.” (HR. Al Bazaar sebagaimana dalam Mujma’ul Zawaid dan Al Haytsami mengatakan periwayatnya tsiqoh/terpercaya. Lihat Jami’ul Ahadits, Imam Suyuthi)

Loading...

Saudaraku,

Waktu terus bergulir, bulan ramadhan kian mendekati kita. Semoga di bulan mulia yang penuh dengan keutamaan ini, kita bisa meraih kemuliaannya. Amiin []

Artikel Terkait :

loading...
loading...

Sponsored

Maaf Anda Sedang Offline