islampos
Media islam generasi baru

Sapi dan Kambing, Lebih Baik Mana untuk Diqurbankan?

Foto: Toko Mesin Maksindo
0

ADA berbagai macam pilihan hewan bagi kita untuk berqurban. Tetapi, sebagai seorang muslim yang baik dan ingin memberikan yang terbaik, maka berqurban dengan hewan terbaik. Jika unta, tentu tidak dapat kita temukan di daerah kita. Maka, biasanya ada dua pilihan, yakni antara sapi dan kambing. Lantas, mana yang lebih baik?

Hewan qurban terbaik adalah (pertama) unta, kemudian (kedua) sapi lalu (ketiga) kambing dan setelah itu (yang keempat) berserikat pada unta atau sapi (maksudnya beberapa orang -maksimal tujuh orang- iuran untuk membeli unta atau sapi untuk diqurbankan-red).

Berdasarkan sabda Rasûlullâh tentang hari Jum’at, “Barangsiapa yang berangkat (shalat jum’at) pada jam pertama, maka seakan-akan dia mengurbankan unta. Barangsiapa yang berangkat pada jam ke-2, maka seakan-akan dia berqurban dengan sapi. Barangsiapa yang berangkat pada jam ke-3, maka seakan-akan dia berqurban dengan kambing jantan. Barangsiapa yang berangkat pada jam ke-4, maka seakan-akan dia berqurban dengan ayam. Barangsiapa yang berangkat pada jam ke-5, maka seakan-akan dia berqurban dengan telor.”

Sisi pendalilannya yaitu ada perbedaan nilai antara beribadah kepada Allâh Azza wa Jalla dengan mengurbankan unta, sapi dan kambing. Tidak diragukan lagi bahwa ibadah qurban termasuk ibadah yang agung kepada Allah Azza wa Jalla . Penyebab lain (kenapa unta lebih utama), karena unta itu lebih mahal, lebih banyak dagingnya dan lebih banyak manfaatnya. Inilah pendapat tiga imam yaitu Imam Abu Hanifah Rahimahullah, Imam Syafi’i Rahimahullah dan Imam Ahmad Rahimahullah.

Imam Mâlik Rahimahullah mengatakan, “Hewan terbaik (untuk berqurban) adalah kambing, kemudian sapi lalu unta. Karena Nabi ﷺ berqurban dengan dua kambing dan beliau ﷺ tidak melakukan sesuatu kecuali yang terbaik.”

Menjawab pendapat ini, kami mengatakan, “Nabi ﷺ terkadang tidak memilih yang terbaik, karena rasa sayang beliau ﷺ kepada umatnya. Sebab umat beliau ﷺ akan mengikuti perbuatan beliau ﷺ dan beliau ﷺ tidak ingin memberatkan umatnya. Juga beliau ﷺ sudah menjelaskan keunggulan unta dibandingkan sapi dan kambing sebagaimana hadits di atas.” Wallahu a’lam []

Sumber: almanhaj.or.id

loading...
loading...