ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Santri di Tebuireng Beritahu Dubes AS untuk Belajar Budaya dan Sejarah Indonesia

Foto: Republika
0

JOMBANG—Duta besar (Dubes) Amerika untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr saat kunjungan pertamanya ke Jawa Timur disarankan oleh para santri Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang untuk belajar budaya-budaya dan sejarah Indonesia.

Hal itu dikatakan oleh para santri dalam dialog yang berlangsung saat Dubes AS tersebut berkunjung ke Madrasah Muallimin Tebuireng pada Kamis (2/3/2017).

Kepada para santri, Donovan mengatakan “Saya baru empat bulan menjadi Dubes AS untuk Indonesia. Menurut kalian, apa yang harus saya lakukan saat ini?.”

Salah seorang santri menjawab bahwa ia harus belajar budaya-budaya dan sejarah Indonesia. Para santri menyarankan Donovan untuk mengunjungi Museum Fatahillah dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), di Jakarta.

Donovan mengaku dirinya sudah pernah berkunjung ke Museum Fatahillah dan TMII. “Saya sudah pernah berkunjung ke sana. Terus ke mana lagi?,” kata Joseph belum puas.

“Ke Pekalongan juga, belajar membatik,” timbal santri lainnya menjawab pertanyaan Donovan, seperti dilansir Republika, Kamis (2/3/2017).

Donovan sempat melihat langsung aktivitas kegiatan belajar di dalam madrasah tersebut, hingga tertarik mengamati para santri yang aktif berdiskusi tentang fikih keluarga.

Setelah merasa puas berdialog dengan para santri serta mendapatkan informasi terkait aktivitas santri di pesantren, Dubes AS tersebut langsung meninggalkan lokasi madrasah.

Selain mengunjungi madrasah, Donovan juga melakukan tabur bunga di makam KH Hasyim Asy’ari, KH Wahid Hasyim dan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang berada di kompleks pondok. []

loading...
loading...