islampos
Media islam generasi baru

Sampai Kapan Anda Single?

Foto: ES
0

SIAPA sih yang tidak pernah mendengar istilah jojoba, yang merupakan singkatan dari jomblo-jomblo bahagia? Orang-orang tersebut adalah orang-orang yang sedang menikmati kesendirian. Tapi ternyata jadi jomblo itu tidak selalu menyenangkan.

Mungkin banyak orang mengira kalau mempunyai pasangan itu membuat hidup menjadi lebih repot karena kehidupan Anda terasa seperti dibatasi oleh pasangan.

“I’m single and very happy.” Mungkin kalimat itu adalah salah satu kalimat favorit Anda. Anda sedang menikmati status single Anda dan Anda sangat bahagia. Anda menganggap bahwa mempunyai pasangan hanya akan membuat Anda repot. Anda harus memikirkan orang lain selain diri Anda. Anda harus pergi dengan meminta izin terlebih dahulu. Anda tidak bisa sebebas saat Anda masih single.

Hal ini mungkin terjadi karena beberapa hal, bisa jadi karena pengalaman Anda di masa lalu atau karena Anda sudah banyak melihat hubungan asmara yang gagal dan kandas di tengah jalan.

Namun seiring bertambahnya usia Anda, Anda seperti merasa ada sesuatu yang kurang dalam hidup Anda. Anda tidak punya tempat berbagi, Anda tidak punya tempat untuk menorehkan kesedihan dan keluh kesah Anda, Anda tidak punya seseorang untuk tidur satu ranjang bersama dengan Anda, sarapan bersama dengan Anda, dan Anda tidak punya anak yang bisa Anda manjakan dan Anda gendong di pangkuan Anda. Bukankah itu rasanya menyebalkan?

Ada masa dimana Anda wajib bersenang-senang tanpa pasangan, mengejar karier Anda, memberikan yang terbaik untuk masa depan Anda, membahagiakan orang tua Anda, meraih kesuksesan Anda. Tapi ada juga satu masa dimana Anda seharusnya bertemu dengan seseorang yang mencintai Anda dan ingin menghabiskan sisa hidupnya bersama dengan Anda, menikah, mempunyai keturunan. Pernikahan juga tidak akan terjadi semudah itu. Semuanya perlu proses dan perjuangan.

Ada masa dimana Anda tinggal satu atap bersama dengan orang yang Anda cintai, pasangan hidup Anda, dan sama-sama melihat anak-anak bertumbuh besar. Ada masa dimana Anda sudah sakit-sakitan dan membiarkan anak-anak Anda merawat Anda. Jika membayangkan hal itu terjadi, rasanya indah sekali kan?

Mempertahankan hubungan yang sudah dibangun tentunya juga tidak mudah. Butuh usaha yang sangat besar, bukan hanya dari Anda. Namun juga dari pasangan Anda, dan dukungan-dukungan dari orang-orang terdekat Anda, seperti keluarga.

Untuk Anda yang merasa sudah mendapatkan segala sesuatu dalam hidup dan Anda merasa hampa, tidak ada salahnya jika Anda membuka hati dan membiarkan cinta sejati hadir di dalam hidup Anda.

Anda berhak bahagia bersama pasangan Anda. Anda perlu seseorang bukan lagi untuk mencari kebahagiaan, namun untuk berbagi kebahagiaan. []

loading...
loading...