islampos
Media islam generasi baru

Sambut Pagi Hari, Tumbuhkanlah 2 Perasaan Ini

Foto: The Table
0

KETIKA matahari mulai terbit, setiap manusia memiliki aktivitas yang berbeda-beda. Mereka memiliki tujuan yang berbeda pula. Perasaan ketika bangun dari tidur pun berbeda-beda.

Tapi yang pasti, setiap insan, mestilah memiliki 2 perasaan setiap pagi. Apa sajakah itu?

Salah seorang cendekiawan mengatakan bahwa setiap pagi seseorang hendaknya membiasakan untuk mempunyai dua perasaan. Perasaan tersebut terdiri dari perasaan aman dan perasaan takut. Maksudnya, ia harus percaya bahwa Allah menjamin dalam masalah rezeki. Dan ia juga harus mempunyai perasaan takut bila tidak melaksanakan segala apa yang diperintahkan oleh Allah secara sempurna.

Apabila seseorang mempunyai perasaan yang semacam itu, maka Allah akan mengaruniakan rasa qana’ah terhadap rezeki yang diberikan Allah kepadanya. Dan ia pun akan merasakan manisnya taat kepada Allah.

Oleh sebab itu, jangan sepelekan dua perasaan ini. Karena, perasaan ini dapat memberikan efek yang baik bagi diri kita. Selain, menumbuhkan rasa optimis dan percaya diri dalam menjalani hidup, juga keimanan kita dalam mematuhi perintah dan menjauhi larangan Allah, insya Allah akan meningkat. []

Sumber: Terjemah Tanbihul Ghafilin Peringatan bagi Orang-orang yang Lupa 2/Karya: Abu Laits as Samarqandi/Penerbit: PT Karya Toha Putra Semarang

loading...
loading...