Sabar, Kunci Datangnya Pertolongan Allah

0

 

Oleh: Ahmad Yusuf Abdurrohman 

KETIKA hal-hal indah yang kita inginkan tak bisa didapatkan dengan mudah. Ataupun banyak rintangan yang menghadang langkah yang ditempuh. Sehingga tak bisa mendapatkan hal yang diinginkan itu. Maka, bersabarlah.

Ketika masalah silih berganti mendera, menggempur pertahanan jiwa dan batin, melemahkan pertahanan diri, tetaplah bertahan menghadapi semuanya. Serta, tetaplah bersabar.

Ketika hasil dari usaha yang kita lakukan tidak sesuai dengan harapan. Dan juga tak sejalan dengan apa yang diimpikan. Tetaplah berbaik sangka atas  takdir yang telah Allah gariskan. Dan juga, tetap bersabarlah.

BACA JUGA: Sabarlah Ketika Ujian Datang

Ketika musibah silih berganti menguji keimanan. Tetaplah pegang pedoman agama, dan juga perkuat tawakkal kepada Allah dan perkuat pula kesabaran jiwamu.

Ketahuilah, setiap orang pasti mengalami masa-masa sulit. Namun, mereka melaluinya dengan senantiasa bersabar dan meminta pertolongan kepada Allah. Jadikanlah sabar dan sholat sebagai wasilah untuk memperoleh pertolongan dari-Nya. Karena, hanya Dia-lah yang bisa menolong setiap kesulitan yang dialami hamba-Nya.

Bukankah Allah telah berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” [1]

BACA JUGA: Sampai Kapan Kita Mesti Bersabar?

Dalam sebuah syair Arab juga pernah disebutkan, “Wa inna shabra, min asbaabi dzafar. Sesungguhnya sabar, termasuk sebab datangnya pertolongan Allah.” [2]

Maka, tetaplah berjalan di jalan orang-orang yang diridhoi-Nya; mereka yang tetap sabar dengan semua takdir yang telah digoreskan oleh pena-Nya.

Bukankah pertolongan Allah itu dekat?

“Alaa inna nashrallahi qariib. Ketahuilah, sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.” [3] []

Referensi:
[1] QS Al Baqarah: 153
[2] Khutbah Hani’ Ibnu Qabishah Asy-Syaibani
[3] QS Al Baqarah: 214

Kirim RENUNGAN Anda lewat imel ke: islampos@gmail.com, paling banyak dua (2) halaman MS Word

 

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline