ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Saat Hendak Shalat Subuh, Ledakan Terjadi di Masjid Dar Al Farooq

Foto: Republika
0

Sebuah masjid di Minnesota—negara bagian Amerika Serikat (AS), mendapat serangan saat jamaah hendak menunaikan shalat Subuh pada Sabtu (6/8/2017) pagi.

Dilansir Aljazirah, serangan tersebut tidak menimbulkan korban luka. Akan tetapi, kantor imam masjid yang berada di Pusat Islam Dar Al Farooq itu telah dirusak.

Divisi Minneapolis Biro Investigasi Federal (FBI) mengatakan ledakan itu disebabkan oleh peledak buatan. Menurutnya, hasil penyelidikan akan menentukan apakah motif insiden itu mengarah ke Islamophobia atau ada penyebab lain.

“Penyidik telah menemukan komponen perangkat peledak itu untuk mencari tahu bagaimana karakteristik perakitan bom,” katanya.

Sementara itu, menurut Direktur Muslim American Society of Minnesota, Asad Zaman, mengatakan, sebelum ledakan terjadi seorang saksi melihat ada sesuatu yang dilemparkan dari sebuah van atau truk ke jendela kantor imam. “Jamaah berhasil memadamkan api sebelum petugas pemadam kebakaran tiba,” ujar Zaman.

Mohamed Omar, direktur eksekutif masjid tersebut, menambahkan kendaraan tersebut segera melesat pergi. Omar kepada media lokal juga menyatakan masjid yang didominasi Muslim asal Somalia, seperti banyak masjid lain di seluruh AS, telah menerima telepon dan email bernada ancaman. []

loading...
loading...