islampos
Media islam generasi baru

Rudal Balistik yang Targetkan Makkah Ditembakkan oleh Syiah Houthi

Foto hanya ilustrasi
0

MAKKAH—Sebuah rudal balistik yang menyasar Makkah, berhasil dijatuhkan oleh Pasukan Pertahanan Udara Arab Saudi, Kamis (27/7/2017) malam.

Dalam pernyataan pada Jumat (28/7/2017) pagi, Komando Koalisi Arab menjelaskan bahwa rudal balistik itu diluncurkan oleh Pasukan Syiah Houthi, Yaman. Rudal itu sendiri berhasil ditembak jatuh di atas Al-Wasliya di provinsi Al-Taif, sekitar 69 kilometer dari Makkah. Sejauh ini dilaporkan tidak ada kerusakan atau korban jiwa akibat serangan tersebut.

“Serangan rudal itu jelas usaha yang disengaja untuk mengganggu musim ibadah haji,” dalam pernyataan tersebut seperti dilansir Arab News, Jumat (28/7/2017).

Rudal balistik tersebut berhasil dicegat Pasukan Pertahanan Udara Arab Saudi, menggunakan Rudal Patriot permukaan-ke-udara. Pecahan rudal balistik itu jatuh di daerah tak berpenghuni.

Serangan rudal balistik Syiah Houthi ke Mekah pada Kamis lalu merupakan serangan yang kedua kalinya. Pada 27 Oktober 2016 lalu, Syiah Houthi menembakkan rudal balistik pertamanya ke Mekah, namun pasukan pertahanan udara Saudi berhasil mencegatnya sebelum mencapai kota suci tersebut.

Pasukan Houthi selama ini meluncurkan sejumlah serangan terhadap berbagai sasaran di sepanjang perbatasan Saudi dengan Yaman, menewaskan lebih dari seratus tentara dan warga sipil.

Koalisi Arab telah menuduh Iran mempersenjatai milisi Syiah Houthi sebagai bagian dari upaya destabilisasi Teheran di wilayah tersebut. []

loading...
loading...