Riset STF: Peningkatan Zakat Mencapai 30 Triliun

0

JAKARTA—Dalam riset yang dilakukan Social Trust Fund (STF) UIN Syarif Hidayatullah tentang Praktik filantropi Islam berkeadilan sosial di Indonesia peningkatan terjadi terutama dengan zakat dan wakaf.

Direktur STF, Amelia Fauzia Ph.D, menyampaikan, hasil penelitian mencatat bahwa dalam dua dekade terakhir praktik filantropi Muslim di tanah air terus menunjukkan kecenderungan penguatan.

“Kecenderungan ini dapat dilihat dari sejumlah indikator, yakni pertambahan jumlah organisasi baik berbasis masyarakat dan pemerintah, jumlah sumbangan yang dikeluarkan baik dalam bentuk sedekah, zakat, maupun wakaf, dan adanya penyaluran bantuan ke masyarakat sasaran di luar Indonesia,” ujarnya dalam diseminasi hasil riset di Jakarta Selasa (27/3).

Selain itu, ia menambahkan dari aspek organisasi filantropi misalnya, jumlah lembaga amil zakat teregistrasi resmi terus meningkat di atas 200-an lembaga. Begitu juga kata dia dengan zakat dan wakaf.

“Masing-masing mencatatkan kenaikan nilai dan objeknya hingga kisaran lebih kurang Rp 30 triliun dan 400-an ribu objek wakaf tanah,” pungkasnya.

Dirinya juga menuturkan, penyaluran bantuan ke masyarakat sasaran di luar Indonesia juga terus meningkat. Seluruhnya membuktikan kecenderungan penguatan filantropi Muslim di Indonesia. []

Reporter: Rhio

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline