islampos
Media islam generasi baru

Ribuan WNI Muslim di Hongkong Gelar Pawai Menyambut Ramadhan

Foto: Kiblat
0

HONGKONG– Kebahagiaan menyambut bulan suci Ramadhan diekspresikan umat Islam warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Hongkong dengan menggelar pawai tarhib Ramadhan.

Ribuan orang WNI yang berada di Hongkong mengikuti pawai menyambut datangnya bulan Ramadhan, Minggu (21/05/2017) Kemarin.

Peserta kegiatan yang diinisiasi Dompet Duafa Hongkong tersebut melakukan longmarch dari  North Point Ferry dan berakhir di Taman Edinburgh Central Hongkong.

“Ini adalah kegiatan rutin tahunan masyarakat muslim Indonesia di Hongkong, Dompet Duafa Hongkong sebagai inisiator dan mengorganisir peserta dan perizinan,” kata Panitia Pelaksana Acara pada Hari Rabu (24/05/2017) seperti dikutip dari Kiblat

“Tema dan sekaligus jadi tujuan tarhib Ramadhan ini adalah syiar Islam dan bersatunya ruh dalam menyambut bulan mulia,” ujarnya

Ilham menjelaskan aksi longmarch dipilih dalam tarhib Ramadhan karena aksi serupa biasa dilakukan oleh sekelompok masyarakat Hongkong untuk memperkenalkan atau mendapatkan perhatian dari masyarakat yang lain.

Aksi itu dilakukan terutama pada hari-hari besar tertentu. “Dengan alasan itu juga kami memilih long march sebagai salah satu cara mensyiarkan Islam,” ujarnya.

Tarhib Ramadhan 1438 Hijriyah di Hongkong kali diikuti tak kurang 60 organisasi dan komunitas Islam. Beberapa di antaranya merupakan komunitas kedaerahan.

Ilham menuturkan proses perizinan untuk pelaksanaan kegiatan tersebut berjalan lancar. Pihak berwenang setempat, khususnya kepolisian sangat membantu kelancaran kegiatan itu.

Sebenarnya, pihak berwenang Hongkong hanya mengizinkan 800 orang yang bisa mengikuti kegiatan tarhib Ramadhan. Namun, animo yang tinggi dari WNI muslim di negara itu membuat peserta membludak hingga mencapai lebih dari 1.000 orang.[]

 

loading...
loading...