Ribuan Orang di London Turun ke Jalan untuk Memprotes Trump

0 171

LONDON – Ribuan pengunjuk rasa berkumpul hari Sabtu kemarin (4/2/2017) di depan Kedutaan Besar AS di London untuk memprotes larangan perjalanan kepada warga dari tujuh negara mayoritas Muslim dan pengungsi.

Sekitar 10.000 orang berpawai dari kedutaan ke Downing Street 10 di mana kantor-kantor pemerintah Inggris yang juga memprotes Perdana Menteri Theresa May sejauh ini gagal untuk mengutuk pembatasan terbaru oleh pemerintah AS.

“Tidak ada kebencian tidak ada ketakutan, pengungsi diterima di sini,” teriak para demonstran, seperti dilansir Anadolu Agency.

Sebuah poster bertuliskan “Terorisme tidak beragama, tapi merupakan produk dari kebencian dan kebodohan,” terlihat dalam aksi tersebut.

“Tidak untuk rasisme, tidak ada Islamofobia,” tulis poster lain yang dibawa oleh demonstran.

Rapat umum itu diserukan oleh berbagai LSM dan kelompok masyarakat, termasuk Muslim Association of Britain, Muslim Engagement and Development (MEND), Muslim Council of Britain, Friends of Al-Aqsa dan Stop the War Coalition. Selain itu kelompok-kelompok Muslim ini juga mengundang orang-orang untuk mengunjungi sekitar 150 masjid dalam program “Visit My Masjid Day” pada hari Ahad ini.

“Larangan Trump kepada umat Islam harus ditentang oleh semua orang yang menentang rasisme dan mendukung hak asasi manusia. Kolusi Theresa May dengan Trump harus berakhir,” kata penyelenggara aksi.

Kelompok ini menyerukan pemerintah Inggris untuk membatalkan kunjungan kenegaraan Presiden AS Donald Trump, sambil berteriak “Tidak untuk Trump!” di depan kantor pemerintah.[fq/islampos]

loading...
loading...