islampos
Media islam generasi baru

Riba, 1 dari 7 Dosa yang Pelakunya Dimasukan ke Neraka

Foto: City Journal
0

SALAH satu dosa yang akan mengantarkan seseorang ke dalam neraka adalah memakan riba. Allah SWT berfirman mengenai orang-orang yang melakukan dosa ini setelah ia mengetahui bahwa Allah melarangnya:

“…siapa yang mengerjakannya lagi (makan riba), maka mereka itu adalah penghuni neraka. Mereka kekal di dalamnya,” (QS. Al-Baqarah: 275).

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda dan bertakwalah kamu kepada Allah supaya mendapatkan keberuntungan. Dan peliharalah dirimu dari api neraka yang disediakan untuk orang-orang kafir,” (QS. Ali-Imran:130-131).

Menurut sebuah hadis yang sudah disepakati keasliannya, Nabi SAW menganggap riba sebagai satu dari tujuh dosa yang akan mencelakakan pelakunya ke dalam api neraka.

Bukhari dan Muslim meriwayatkan bahwa Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Hindarilah tujuh dosa yang akan menjerumuskan pelakunya ke dalam api neraka.” Para sahabat bertanya, “Apa saja dosa-dosa itu, ya Rasulullah?” Beliau berkata, “Menyekutukan Allah SWT, sihir, membunuh seseorang yang dasar pembunuhannya dilarang Allah SWT kecuali untuk menegakkan keadilan, makan riba, makan harta anak yatim, melarikan diri dari medan pertempuran, dan memfitnah wanita-wanita beriman.” []

Sumber: Ensiklopedia Kiamat/ Karya: Dr. Umar Sulayman al-Asykar/Penerbit: Serambi

loading...
loading...