ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Jutaan Ranjau Darat masih jadi Ancaman Warga Palestina

Foto:M.pulsk
0 244

PALESTINA— Ancaman Ranjau darat di palestina tersebar di berbagai zona, waga palestina menderita akibat ranjau-ranjau darat itu, meskipun sebagian besar dari ranjau tersebut sudah di sterilkan.

Menurut data statistik pusat tindakan ranjau palestina pada tahun 2017 ranjau darat telah menewaskan 300 warga palestina dan membuat sekitar 26.000 lainnya cacat fisik.

Dan menunjukkan keberadaan 1,5 juta ranjau yang tersebar di 166 ladang sepanjang daerah perbatasan palestina.

Lembah yordan memilki ranjau dengan jumlah terbesar di palestina,  Militer Israel menggunakan segala cara yang dimungkinkan untuk mengendalikan warga Palestina di Lembah Yordan.

termasuk menanam ranjau di ratusan hektar lahan pertanian.” Ujar Ahmad Masaid, penduduk Lembah Yordan. seperti dilansir dari PIC Kamis (13/04/2017) kemarin.

Ia menambahkan, akibat ranjau itu ratusan warga kehilangan nyawa dan terpaksa harus diamputasi anggota tubuhnya  sehingga menjadi orang yang tak berdaya.

Seorang ahli yang bekerja dengan tim PBB untuk memberantas ranjau mengatakan , setelah pidato yang ia berikan pada Hari Internasional Melawan Ranjau, “Bahaya ranjau masih ada di Palestina.

Bentuknya berlainan mulai dari 1967 dan bahkan sebelumnya, serta ranjau-ranjau yang baru ditanam seperti yang ditanam setelah perang di Gaza 2014.”

Ia menambahkan, “Kami bekerja di Jalur Gaza untuk menyingkirkan ranjau dan sisa dari sejumlah perang, terutama pada dua perang terakhir. Kami menjinakkan 129 bom dan menyingkirkan 29 ton perlengkapan militer.”[]

Comments
Loading...