islampos
Media islam generasi baru

Ramadhan Sebentar Lagi, Persiapkan 6 Amalan di Bulan Suci

0

RAMADHAN. Bulan penuh keberkahan. Waktu dimana seluruh umat Islam memaksimalkan ibadahnya dan melatih diri untuk menahan diri dari hawa nafsu.

Biasanya, ada amalan wajib yang menjadi prioritas bagi kebanyakan kaum mukmin pada bulan ini. Padahal ada banyak amalan sunnah yang sayang jika dilewatnya. Rasulullah SAW selalu mengerjakan sunnah tersebut untuk mendapatkan tambahan pahala lebih. Diantaranya yaitu, 6 amalan di bawah ini:

1. Makan Sahur dan Mengakhirinya
Diantara kita banyak yang tidak mengindahkan amalan yang satu ini. Terkadang, kapan terbangun, seseorang langsung saja menyantap makan sahur tanpa berniat mengakhirinya. Memang hal tersebut tidak salah, namun alangkah baiknya jika kita mengikuti apa yang diperintahkan Rasulullah SAW yakni sahur dan mengakhirinya.

Abu Dzar, berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “ Umatku selalu dalam kebaikan selama mereka menyegerakan waktu berbuka dan mengakhiri makan. “(HR. Ahmad).

2. Membaca Alquran dan Mengkhatamnya

“Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan “alif lam mim” satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf” ( HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6469).

3. Berdakwah dan Menyebarkan Ilmu Syar’i
“Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar, Dan merekalah orang-orang yang beruntung” (QS. Al-Imran 104).

4. Memberi Makan Orang yang Berpuas
“Barang siapa yang memberikan makanan berbuka kepada orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi sedikit pun pahala orang yang berpuasa itu” (HR. Tirmidzi).

5. Salat Tarawih
Amalan selanjutnya yang sering terlewat adalah Salat Tarawih. Aktivitas usai berbuka terkadang membuat seseorang melakukan aktivitas lainnya. Padahal ada banyak keutamaan dibalik ibdah yang satu ini. Salat ini bisa dilakukan berjamaah di amasjid, atau sendiri di rumah.

Sumber: Infoyunik

loading...
loading...