islampos
Media islam generasi baru

Raja Salman: Kami akan Rekonsiliasi dengan Israel Jika Kemerdekaan Palestina Terjamin

Foto: Republika
0

YORDANIA—Raja Arab Saudi Salman bin Abdulazis al-Saud, menegaskan kesiapan negaranya untuk melakukan rekonsiliasi bersejarah dengan Israel dengan syarat Palestina merdeka.

Sekretaris Jenderal Liga Arab Ahmed Aboul Gheit, mengatakan bahwa negara-negara Timur Tengah akan kembali mengikuti perundingan Palestina-Israel untuk mengakhiri konflik puluhan tahun tersebut, jika pembentukan negara Palestina berdampingan dengan Israel terjamin adanya.

Pernyataan itu sendiri, sebelumnya telah dideklarasikan dalam KTT Arab di Yordania Rabu (29/3/2017) lalu dengan dihadiri 21 pemimpin negara dari Timur Tengah. Seperti diketahui, Israel telah melangsungkan operasi militernya di Palestina sejak perang  tahun 1967 lalu hingga kini.

Dalam KTT tersebut, para pemimpin Arab juga menegaskan bahwa mereka akan bertetangga baik dengan negara-negara lain atas dasar saling menghormati.

Sementara itu, deklarasi tersebut juga menyerukan agar Iran mengakhiri pendudukannya atas pulau-pulau Emirat, dan menyatakan dukungan bagi UEA untuk merebut kembali pulau-pulau tersebut melalui jalur hukum dan politik, demikian seperti dikutip dari ArabNews. []

Pewarta: Ari Cahya.

loading...
loading...