ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Qatayef; Penganan ‘Legendaris’ Khas Ramadhan di Palestina

Foto: PIC
0

PALESTINA—Setiap negara pasti memiliki penganan ‘istimewa’ yang hanya bisa ditemukan ketika bulan Ramadhan. Tak terkecuali di Palestina, yang memiliki makanan khas Ramadhan yang di sebut Qatayef.

Seperti dilansir PIC, Qatayef dianggap ‘ratu makanan penutup’ bagi warga Palestina yang puasa di bulan suci Ramadhan. Kue ini dianggap memiliki nilai gizi tinggi dan banyak diminati di bulan Ramadhan, apakah itu bertepatan dengan musim panas atau musim dingin. Penjual Qatayef banyak berjejer di pinggir-pinggir jalan, terutama di pasar tradisional selama Ramadhan.

Meski ada banyak jenis makanan penutup yang berlimpah di bulan Ramadhan, Qatayef tetap menjdi primadona. Qatayef disukai banyak orang karena memiliki keuntungan sendiri; mudah dibuat dan disiapkan serta tidak terbatas pada kelas masyarakat tertentu.

Qatayef adalah makanan penutup tradisional kuno yang terkenal di Lebanon, Palestina, Suriah, Yordania dan Mesir.

Menurut beberapa sumber, Qatayef sudah ada sejak era Abbasiyah, Umayyah dan Fatimiyah. Biasanya beberapa pembuat biasa bersaing dalam membuat dan menawarkan Qatayef kepada Khalifah.

Bagi mereka yang melewati pasar tradisional Palestina, toko roti dan toko makanan penutup, terlepas apakah para penjual ini dari kalangan tradisional maupun kelas atas, tidak dapat menahan harum kue Qatayef yang menggoda atau berhenti untuk melihatnya. []

loading...
loading...