Qatar Resmi Bangun Kantor Kedutaan di Gaza

0

QATAR—Pemerintah Qatar dikabarkan telah memutuskan membangun sebuah kedutaan besar di Jalur Gaza. Keputusan ini datang selama gelaran pertemuan komite Qatar untuk rekonstruksi Gaza, Maan melaporkan.

Kepala komite, Abdul Halim al-Issawi, telah memberi lampu hijau untuk pembangunan kedutaan setelah mengunjungi lokasi yang direncanakan.

Menurut laporan, gedung ini akan dibangun di atas lahan seluas 1,2 hektar di selatan pelabuhan Gaza, pada Kamis (19/1/2017) oleh pihak kontraktor.

Sementara ini Qatar telah memiliki kantor perwakilan di Gaza yang terkepung. Dengan dibangunnya kedutaan ini diharapkan bisa menandai langkah diplomatik yang lebih maju ke depannya.

Qatar adalah pendukung Hamas dan telah memberikan dukungan finansial yang signifikan untuk rekonstruksi di Gaza yang hancur akibat serangan Israel.

“Langkah tersebut belum pernah terjadi sebelumnya dalam hubungan diplomatik,” ungkap Naji Sharab, seorang profesor ilmu politik di Universitas al-Azhar kepada Dunya al-Watan. Sharab juga melihatnya sebagai langkah potensial dengan Qatar untuk mengenali Gaza sebagai sebuah bangsa yang terpisah dari Tepi Barat yang dikuasai Otoritas Palestina. []

loading...
loading...