ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Qana’ah, Harta yang Tak Akan Berkurang

0

Advertisements

 

HARTA, Anda menginginkannya? Tentu, tak sedikit orang yang menginginkan harta. Tapi, apakah hanya harta berlandaskan dunia saja yang Anda inginkan? Jika ya, sungguh Anda termasuk orang-orang yang merugi. Mengapa? Sebab, harta dunia itu akan sirna, dan tak akan pernah bisa kita jadikan bekal untuk akhirat kelak.

Maka dari itu, carilah harta yang bisa dibawa ke akhirat kelak sebagai bekal. Mau tahu apa itu? Sifat qana’ah. Ya, qana’ah merupakan harta yang paling berharga. Bahkan, qana’ah merupakan satu-satunya harta yang tak akan pernah berkurang.

Hal tersebut senada dengan apa yang diungkapkan oleh Abu Bakar bin Muhammad Al-Munkadir RA, “Qana’ah itu harta yang tak akan berkurang.”

Qana’ah adalah sikap rela menerima dan merasa cukup atas hasil yang diusahakannya serta menjauhkan diri dari dari rasa tidak puas dan perasaan kurang. Orang yang memiliki sifat qana’ah memiliki pendirian bahwa apa yang diperoleh atau yang ada di dirinya adalah kehendak Allah. Itulah sebabnya, sifat seperti ini dapat menjadi tambahan poin baik Anda untuk mendapat kelayakan hidup di akhirat kelak.

Oleh sebab itu, memelihara sifat qana’ah sudah barang tentu tidak merugikan diri Anda sama sekali. Walau terkadang, nafsu Anda akan menolak dengan keras terhadap apa yang Anda alami, kekurangan dalam hal keuangan misalnya, Anda harus tetap bisa menjaga diri Anda agar selalu berpikir positif terhadap apa yang Anda alami. Ingatlah, Allah SWT pasti memberikan yang terbaik pada Anda. Dan ketahuilah, prasangka Anda itulah yang menentukan. Maka berprasangka baik terhadap Allah, itulah doa kita yang sesungguhnya. []

Referensi:
Ensiklopedi 1000 Nasihat Para Ulama/Karya: Mubasysyiroh Binti Mahrus Ali/Penerbit: Zam Zam Mata Air Ilmu
nurulfatimah96.wordpress.com

Artikel Terkait :

loading...
loading...

Sponsored

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline