islampos
Media islam generasi baru

Punya Keinginan, Shalat Hajat Aja

Foto: Abi Umar/Islampos
0

SIAPA yang tidak memiliki keinginan selama hidup di bumi ini? Tentu semua orang menginginkannya bukan? Ya, untuk mendapatkan keinginan itu tentu tidaklah mudah. Terdapat beberapa proses yang harus dilalui.

Apabila seseorang mempunyai kebutuhan halal yang ingin terpenuhi, maka di samping berupaya sekuat kemampuan dan berdoa, maka dianjurkan untuk melaksanakan shalat hajat. Sebagaimana firman Allah SWT, “Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) shalat. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk,” (QS. Al-Baqarah: 45).

Abdullah bin Abu Aufa RA meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW keluar menemui kita, kemudian bersabda, “Barangsiapa memiliki hajat (kebutuhan) terhadap Allah atau kepada seseorang dari Bani Adam, maka hendaklah berwudhu dan baik cara wudhunya, kemudian shalat dua rakaat.”

Rasulullah mekanjutkan, “Setelah itu, hendaklah ia memanjatkan puji ke hadirat Allah, bershalawat kepada Nabi dan membaca, ‘Tiada ilah selain Allah yang Mahasantun lagi Mahamulia, Mahasuci Allah Tuhan ‘Arasy yang agung. Sefala puji bagi Allah Tuhan seluruh alam, aku mohon kepada-Mu hal-hal yang bisa mendatangkan rahmat-Mu, sebab-sebab datangnya ampunan-Mu, perlindungan dari segala noda, keuntungan dari segala kebajikan, dan keselamatan dari segala dosa. Janganlah Engkau sisakan dosa untukku kecuali Engkau telah mengampuninya, jangan sisakan kegalaua kecuali Engkau telah menghilangkannya, jangan sisakan hajat yang Engka meridhainya kecuali Engkau telah menunaikannya, duhai Dzat yang plaing pemurah.’ Kemudian hendaklah ia meminta dari urusan dunia dan akhirat yang dihendakinya, karena urusan itu akan dikabulkan,” (HR. Tirmidzi, Nasa’i, dan Ibnu Majah). []

Sumber: Bersama Allah SWT Sepanjang Hari/Karya: H. Ahmad Heryawan, Lc/Penerbit: Literate Publishing

loading...
loading...