islampos
Media islam generasi baru

Akibat Kelaparan dan Konflik, Puluhan Ribu Warga Sudan Selatan Larikan Diri

Foto: Al Jazeera
0

KHOURTUM – Badan pengungsi PBB mengatakan lebih dari 31.000 warga Sudan Selatan yang melarikan diri akibat kelaparan dan konflik, telah menyeberangi perbatasan ke Sudan sepanjang tahun ini.

Komisi Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) di Khartoum pada hari Senin kemarin (27/2/2017) mengatakan bahwa lebih dari 80 persen pendatang terbaru adalah perempuan dan anak-anak.

“Prediksi awal adalah 60.000 pengungsi mungkin tiba hingga 2017, namun dalam dua bulan pertama saja, lebih dari 31.000 pengungsi sudah tiba,” kata pernyataan itu, seperti dilansir Press TV.

Dilaporkan bahwa banyak pengungsi yang kelelahan, kurang gizi dan sakit setelah berjalan selama berhari-hari.

Sudan menjadi tempat tinggal bagi sekitar 328.339 pengungsi yang melarikan diri dari perang saudara di Sudan Selatan yang meletus pada akhir 2013 lalu.

Pertempuran antara pasukan pemerintah Presiden Salva Kiir dan pemberontak yang dipimpin oleh mantan wakil presiden, Riek Machar,  telah menyebabkan eksodus massal di wilayah bermasalah tersebut. Pertempuran itu membuat lebih dari tiga juta orang selama beberapa tahun terakhir menjadi terlantar.

Republik Afrika Tengah, Republik Demokratik Kongo, Ethiopia, Kenya, dan Uganda juga menampung ribuan pengungsi dari Sudan Selatan. [fq/islampos]

loading...
loading...