ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Publik Dinilai Perlu Apresiasi Pemerintahan Jokowi dengan Catatan

0

Advertisements

JAKARTA—Direktur Pusdikham Uhamka, Dr. Maneger Nasution mengatakan, publik patut mengapresiasi sejumlah capaian pemerintahan Jokowi-JK dalam pemajuan dan penegakan HAM dalam hampir 3 (tiga) tahun pemerintahannya.

“Apresiasi itu terutama soal kebebasan pers dan pemenuhan hak-hak Ekosob publik khususnya beberapa pembangunan infrastruktur. Publik sekali lagi mengapresiasi itu,” ujarnya kepada Islampos.com melalui keterangan persnya Jum’at (29/12).

Namun, jelas Manager tanpa mengurangi penghargaan terhadap sejumlah capaian itu, apresiasi tersebut disertai sejumlah catatan. Salah satunya, kata dia soal penyelesaian pelanngan HAM berat masa lalu.

“Dalam tracking terhadap janji politik Jokowi-JK (nawacita) adalah penghormatan HAM dan penyelesaian secara berkeadilan terhadap kasus-kasus pelanggaran HAM berat masa lalu,” pungkas Manager.

Related Posts
1 of 44

Menurutnya, ada 10 kasus pelanggaran HAM berat masa lalu yang sudah direkomendasilan oleh Komnas HAM kepada Kejaksaan Agung, seperti Tanjung Priok (1984), Timor Timur (1999), Abepura, Papua (2000), Wasior dan Wamena, Papua (2000), Talangsari, Lampung (1989), 6) Kasus 1965-1966, 7) Petrus (1982-1985),Trisakti dan Semanggi 1 dan 2 (1998).

“Kemudian, kerusuhan Mei 1998, dan Penghilangan orang secara paksa (1997-1998). Namun, ada 3 kasus (30%) yang sudah diselesaian oleh rezim sebelum Jokowi-JK (Tanjung Priok. Abepura, dan Timtim). Sampai 3 (tiga) tahun rezim Jokowi-JK belum ada tanda-tanda penyelesaian komprehensif,” ungkapnya.

Artinya, ada 7 kasus (70%) lagi kasus pelanggaran HAM berat masa lalu yang belum diselesaikan. Dalam konteks ini Manager menyebut rezim Jokowi-JK belum memenuhi janji politiknya, Nawacita. []

 

Sumber:Rhio Atma

loading...
loading...

Sponsored

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline