Puasa, “Rumah Sehat” 1 Tahun untuk Tubuh Kita

0

 

 

BULAN Ramadhan merupakan peluang besar untuk mencegah dan mengobati penyebab yang mengakibatkan naiknya tekanan darah. Apalagi sunnah Nabi yang namanya ber-hijamah ‘bekam” sudah tidak diragukan lagi manfaatnya bagi tubuh manusia. Bekam sudah terkenal untuk selalu melanggengkan kondisi tubuh agar tetap sehat atau mengobati yang sedang sakit.

Ada sebagian para penggiat thibbunnabawi mengatakan bulan suci Ramadhan ini sebagai bulannya ber bekam. Ini karena kondisi perut yang sedang kosong merupakan proses percepatan penyembuhan penyakit bila melakukan berbekam. Berbicara kondisi berbekam terbaik adalah kondisi dimana perut kita sedang kosong atau beristirahat seperti di bulan puasa ini.

Pada  bulan Ramadhan, seseorang akan dilatih mengontrol nafsunya, dan bukan nafsu yang mengontrol dirinya. Hal ini sesuai dengan hadits Nabi SAW berikut: “Bekerjalah untuk duniamu seakan-akan kamu hidup selama-lamanya, dan beribadahlah untuk akhiratmu seakan-akan kamu akan mati besok.” Cita-cita dan rasa takut sudah pasti akan dilalui oleh seseorang dalam kehidupannya. Oleh karena itu, ia harus selalu bisa mengadaptasikan dirinya dengan berbagai peristiwa untuk kemaslahatan dirinya.

Puasa mendidik seseorang bersabar dan mengajarkan bagaimana ia mengontrol dirinya, baik ketika senang maupun sedih. Semua itu diharapkan agar pada akhirnya, seseorang yang berpuasa bisa melahirkan kepribadian yang seimbang dan sehat, juga mempunyai kondisi fisik dan non fisik yang berkualitas.

Pada bulan Ramadhan, seseorang bisa mengatur pola hidupnya secara lebih baik. Oleh karena itu, setiap orang harus mencurahkan kemampuannya agar dapat membakar lemak yang tersimpan di dalam tubuhnya. Jika itu dilakukan, maka ia dapat mengurangi lemak yang berbahaya. Seseorang akan merasakan nikmatnya berpuasa secara sempurna jika ia mengikuti anjuran para ahli tentang beberapa hal berikut:

  1. Mengurangi konsumsi garam yang berlebihan dalam makanan, agar terjaga dari meningkatnya tekanan darah dan kerapuhan tulang.
  2. Mengurangi konsumsi makanan berlemak yang tidak mengenyangkan, sehingga menyebabkan penebalan dinding pembuluh nadi.

Lebih dari itu, berpuasa juga sangat bermanfaat bagi kesehatan paru-paru. Dengan demikian, puasa dapat memberikan kesehatan dan anugerah kebahagiaan kepada setiap orang yang menjalankannya. Orang yang bahagia adalah yang jarang terserang penyakit, termasuk darah tinggi. Puasa itu melatih seseorang untuk bertanggung jawab terhadap setiap ucapan, sikap, dan perilakunya.

Selain itu, puasa juga dapat membimbing seseorang agar dapat melaksanakan shalat tepat pada waktunya. Pelaksanaan shalat dapat memberikan seseorang rasa aman, sedangkan wudhu dapat memberikan ketenangan dan kebahagiaan. Melaksanakan shalat dan wudhu secara baik dan khusyuk dapat membantu terapi penyakit darah tinggi.

Puasa merupakan solusi yang luar biasa untuk berbagai macam masalah yang dihadapi oleh seseorang antara lain penyakit tekanan darah tinggi. Puasa dapat memberikan seseorang kebahagiaan. Puasa terkait erat dengan kesehatan dan kebahagiaan. Untuk diketahui, kebahagiaan dapat memperkuat system kekebalan tubuh.

Pengobatan Gratis

Puasa memberikan seseorang kesempatan untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah secara gratis. Pada saat itulah diri seseorang terlatih dalam cinta dan belas-kasih. Akibat penyakit ini (kolesterol), banyak negara harus membayar dengan harga yang sangat tinggi, baik dalam memperoleh obat untuk mengobati penyakit gangguan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol, maupun untuk mengobati komplikasi penyakit yang timbul dari masalah-masalah tersebut.

Cara pengobatan dengan puasa itu didasarkan pada pendisiplinan dan pengekangan hawa nafsu yang dapat merugikan seseorang.

Puasa, terutama pada bulan Ramadhan, adalah rumah sakit khusus yang hanya dimasuki oleh seorang Muslim selama 30 hari. Selama kurun waktu itu, puasa melakukan tugas perawatan tahunan untuk semua system tubuh, melakukan pembersihan darah, dan membersihkan didnding pembuluh darah.

Puasa merupakan pengobatan ideal bagi seseorang yang sedang dihadapkan pada kompleksitas tekanan kehidupan yang keras seperti pada masa sekarang. []

Diasuh oleh Oleh: Yudhistira Adi Maulana, Penggagas rumah sehat Bekam Ruqyah Centre Purwakarta yang berasaskan pengobatan Thibbunnabawi. Alamat: Jl. Veteran No. 106, Kebon Kolot Purwakarta, Jawa Barat, Telf. 0264-205794. Untuk pertanyaan bisa melalui SMS 0817 920 7630 atau PIN BB 26A D4A 15.

________

 

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline