ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Program Oke Oce Masuk APBD DKI Perubahan 2017

Foto: Liputan6.
0

JAKARTA—Oke Oce, program yang digagas oleh Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan-Sandiaga Uno, akan masuk ke dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) DKI Perubahan 2017.

Sekretaris DKI Jakarta Saefullah mengatakan bahwa program Oke Oce dimasukkan ke APDB Perubahan 2017, karena tidak memakan anggaran yang begitu banyak.

“Itu mungkin bisa masuk. Itu kan hanya menggaet masyarakat bahwa ini, loh, peluang usaha. Pada akhirnya, masyarakat berinteraksi sama perbankan untuk meloloskan Oke Oce,” katanya di Balai Kota, lansir Tempo, Senin, (22/5/2017).

Saefullah mengatakan Kartu Jakarta Plus juga kemungkinan akan masuk ke APBD Perubahan 2017. Namun dia menuturkan masih harus melihat lagi segi plusnya karena anggaran pendidikan DKI Jakarta sudah lebih dari 20 persen dan kesehatan sudah lebih dari 10 persen.

“Plusnya apa? Kepesertaan atau target? Uang bertambah, hitung ulang. Sebab, postur APBD harus atletis,” ujarnya. “Tapi enggak boleh terlalu banyak juga, nanti sektor lain gimana?”

Setidaknya, ada 23 janji kampanye Anies-Sandi, yang saat ini tengah dibicarakan antara tim sinkronisasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Pembicaraan ini dilakukan agar semua program yang menjadi janji kampanye Anies-Sandi bisa dijalankan begitu mereka dilantik pada Oktober mendatang.

Tim sinkronisasi, yang dipimpin Sudirman Said, sudah melakukan pertemuan dengan Saefullah dan pejabat DKI lain sejak Sabtu, 20 Mei lalu. Selain memasukkan anggaran di APBD Perubahan 2017, pembicaraan tersebut juga ditujukan untuk program-program di APBD 2018.

“Sudah ada Keputusan Menteri Nomor 32, bahwa dalam Pasal 8 ayat 1 A, untuk program 2018 harus memasukkan visi misi gubernur terpilih,” ucapnya.

Menurut dia, pelaksana tugas Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, hanya berpesan agar pembicaraan itu harus sesuai dengan aturan.

“Arahannya saya pikir normatif saja, silakan dibicarakan, tapi semua harus tetap sesuai dengan aturan, dan prinsipnya berorientasi pada kepentingan masyarakat,” katanya. []

loading...
loading...