islampos
Media islam generasi baru

Pro dan Kontra Pembubaran Hizbut Tahrir Indonesia Ramaikan Twitter

0

JAKARTA–Pemerintah Indonesia mengambil keputusan untuk membubarkan organisasi Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) pada Senin (8/5/2017). Pembubaran organisasi Islam yang disebut tak terdaftar di Kementerian Dalam Negeri ini mendapatkan perhatian dari pengguna Twitter.

Media sosial berlambang burung ini dipenuhi dengan percakapan pengguna tentang HTI, hingga terpecah dua kubu antara yang pro dan kontra. Tidak sedikit pula yang menjadikan pembubaran HTI sebagai candaan.

Hal ini terbukti dari tagar #KamiBersamaHTI, Pembubaran HTI, Hizbut Tahrir Indonesia, hingga candaan kepanjangan dari HTI, Hubungan Tanpa Ikatan, saling menggema dan menjadi trending topik Indonesia.

Isu pembubaran ormas Islam ini sudah tercium sejak lama. Aktivitas mereka selama ini dianggap bertentangan dengan ideologi Pancasila dan mengancam keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Atas dasar itu, akhirnya Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto, menegaskan untuk membubarkan HTI dalam konferensi pers hari ini di Kantor Kemenpolhukam, Jakarta.

“Keputusan ini diambil bukan berarti pemerintah anti terhadap ormas Islam, namun semata-mata dalam rangka merawat dan menjaga keutuhan NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945,” ucap Wiranto.

HTI sendiri protes keras atas langkah pemerintah Indonesia. HTI menegaskan pembubaran yang dilakukan pemerintah adalah suatu kejahatan.

“Bila ada kezaliman di suatu negara apakah kita boleh melakukannya di sini, pembubaran atau tindakan HTI adalah sebuah kejahatan dan pemerintah Indonesia jangan meniru, jangan ikut-ikutan,” kata Jubir HTI, Ismail Yusanto. []

Sumber: Kumparan

loading...
loading...