islampos
Media islam generasi baru

Presiden Cina Ingin Dirikan ‘Tembok Besar’ di Sekitar Wilayah Xinjiang

Foto: China Silk Road Travel
0

BEIJING – Presiden Cina Xi Jinping dilaporkan telah meminta pasukan militer untuk mendirikan sebuah “Great Wall of Steel” di sekitar wilayah barat  Xinjiang, yang merupakan rumah bagi minoritas Uighur yang sebagian besar Muslim.

Xi Jinping menyatakan hal ini pada hari Sabtu (11/3/2017) di parlemen. Ia mendesak pihak berwenang untuk saling bekerja membawa perdamaian dan stabilitas ke wilayah perbatasan. Selama ini, di sekitaran perbatasan ini memang terjadi peningkatan serangan kekerasan dan teror. Beijing menuduh kelompok separatis Uighur lokal yang menyebabkan aksi kekerasan dan teror tersebut, The guardian melaporkan.

Pernyataan Xi Jinping sendiri dikeluarkan setelah adanya serangkaian besar pawai militer “anti-teror” di Xinjiang.

Puluhan ribu pasukan Cina bersenjata berat turun ke jalan-jalan di Xinjiang dalam beberapa pekan terakhir. Beijing sendiri menuduh kelompok separatis Uighur di pengasingan yang merencanakan serangan di wilayah yang kaya sumber daya alam tersebut.

Masyarakat Uighur mengeluhkan diskriminasi dan marjinalisasi yang dilakukan oleh otoritas Cina. Beijing dalam banyak laporan melakukan tindakan kekerasan terhadap adat serta agama Muslim Uighur di Xinjiang. [fq/islampos]

loading...
loading...