islampos
Media islam generasi baru

Polisi Israel Gusur Paksa Permukiman Ilegal Yahudi di Amona Tepi Barat

0

RAMALLAH – Bentrokan terjadi antara demonstral Israel dengan polisi yang berupaya mengevakuasi permukiman ilegal di wilayah Tepi Barat yang diduduki.

Ratusan orang aktivis melempar batu ke arah polisi dan melakukan perlawanan ketika polisi ingin melaksanakan perintah pengadilan. Sejumlah orang aktivis dan polisi dilaporkan mengalami cedera.

Penggusuran yang dimulai pada Rabu dan masih berlanjut sampai malam.

Sebelumnya Mahkamah Agung Israel telah memerintahkan Amona harus dihancurkan karena dibangun di atas tanah milik pribadi warga Palestina.

Amona berlokasi di atas bukit dekat dengan permukiman Ora, yang terletak di bagian timur laut Ramallah, dibangun pada 1996 di atas lahan yang terdaftar sebagai milik pribadi warga Palestina.

Pada 2006, menyusul keputusan Mahkamah Agung Israel, sembilan bangunan permanen yang berada di lokasi itu dihancurkan. Tindakan itu menimbulkan bentrokan antara pasukan keamanan dengan warga.

Pada Desember 2014, pengadilan memerintahkan pemerintah Israel untuk sepenuhnya memindahkan warga Amona dalam waktu dua tahun. Tetapi batas waktu itu diperpanjang sampai 8 Februari.

Wartawan BBC Yolande Knell, yang berada di lokasi, mengatakan sekitar 50 atau lebih keluarga Israel yang telah tinggal di sana masih bertahan kerika rumah mereka dihancurkan pada Rabu lalu.

“Kami tidak ingin meninggalkan rumah milik kami sendiri. Tarik kami keluar, dan kami akan pergi.” kata seorang warga seperti dikutip dari Kantor Berita Reuters. “Ini merupakan hari yang kelam bagi Zionisme.”[fq/islampos]

loading...
loading...