islampos
Media islam generasi baru

Pinjaman Bebas Bunga, Bank di Norwegia Ini Gaet 300 Nasabah dalam Sepekan

Foto: sputniknews.com
0

Norwegia–Bank bersistem Syariah ternyata tak hanya ada di Indonesia. Di Norwegia, Bank Storebrand menawarkan nasabahnya pinjaman berdasarkan hukum Islam. Bank itu memberikan pinjaman bebas bunga untuk pembelian rumah.

Bank Storebrand sengaja melakukan system ini untuk menggaet nasabah beragama Muslim. Seperti diketahui orang Islam tidak akan meminjam uang ke Bank lantaran sistemnya tidak syariah.

“Di tengah harga yang meningkat ini, kami ingin mengetahui apakah ada cara lain untuk memasuki pasar perumaha. Kami kira produk ini berpotensi menarik orang-orang muda, lulusan baru serta orang-orang yang tidak bisa menggunakan kredit karena larangan agama,” ujar Manajer Komunikasi Bank Storebrand, Erik Saettem, seperti dilansir laman sputniknews.com, Senin (23/01/2017).

Setelah sistem itu digulirkan, menurut Erik ada 300 orang telah menghubungi pihak bank karena berminat dengan sistem bebas bung itu. Erik menjelaskan, dalam praktiknya, sistem pinjaman syariah ini bisa lebih mahal daripada hipotek yang biasa.

Misalnya, kata dia, bank dapat membeli semua atau sebagian dari properti dan kemudian menyewakannya kepada pelanggan sampai pinjaman dan sewa dibayar secara penuh. “Aturan ini juga mensyaratkan risiko lebih tinggi untuk bank,” ujarnya.

Bank Storebrand adalah salah satu perusahaan jasa keuangan tertua di Norwegia. Pasar utama yang digarap bank ini adalah produk asuransi jiwa dan tabungan pensiun.

Seperti diketahui, Islam melarang penerimaan bunga untuk pinjaman uang. Pada 2014, lembaga keuangan syariah mewakili satu persen dari total aset dunia. []

Sumber: Republika

loading...
loading...