ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Peti Mati Kuno Mesir Dibongkar, Ternyata Inilah Isinya

0

Advertisements

MESIR—Peti mati besar berbahan granit berwarna hitam di Iskandariyah oleh arkeolog Mesir kahirnya dibongkar. Peti mati yang telah ditemukan pada awal Juli 2018 ini sempat menjadi kontroversi lantaran dianggap mengandung kutukan.

Berdasarkan hasil penelitian, peti mati ini tak pernah tersentuh selama 2.000 tahun.

BACA JUGA: Hasil Penelitiannya Hantarkan 5 Ilmuwan Barat Ini Masuk Islam

Ada yang mengira peti mati ini berisi jenazah Iskandar Agung, sementara yang lain mengatakan jangan-jangan peti ini berisi kutukan maut. Namun setelah dibuka dan dilakukan penelitian, ternyata bukan keduanya.

Isi peti mati ini adalah tiga kerangka dan air selokan berwarna merah kecokelatan.

Kementerian Mesir yang mengurusi benda-bendo kuno secara khusus menunjuk tim yang ditugaskan untuk membuka peti mati yang ditemukan di satu daerah konstruksi tersebut.

Menurut media Mesir El-Watan, mereka awalnya membuka sedikit peti ini, sekitar lima sentimeter, tapi anggota tim menghadapi bau dari dalam peti yang sangat menyengat. Saking tajamnya, seluruh anggota tim angkat kaki dan menjauh dari peti.

Related Posts
1 of 11

Upaya pembukaan peti mati yang kedua dibantu oleh tim dari militer Mesir.

“Yang kami dapatkan adalah tulang belulang tiga orang, ini seperti pemakaman keluarga … sayangnya mumi yang ada di peti tidak dalam keadaan bagus, jadi yang tersisa adalah tulang belulang,” ungkap Mostafa Waziri, sekretaris jenderal dewan yang membidangi benda-benda kuno.

BACA JUGA: Manusia Ini Bahkan Lebih Buruk dari Firaun dan Iblis

Waziri menepis rumor bahwa peti mengandung kutukan Firaun yang mematikan, seperti yang ramai dibicarakan masyarakat.

“Kami sudah membuka petinya dan ternyata dunia tidak menjadi gelap gulita. Saya orang pertama yang melihat isi sarkofagus dan saya masih bisa berdiri di hadapan Anda … saya baik-baik saja,” kata Waziri saat menjawab pertanyaan media.

Meski demikian, untuk sementara peti ini dikarantina untuk mencegah kemungkinan peti ini mengeluarkan gas berarun yang mematikan kata koran Al-Ahram. []

SUMBER: BBC

Artikel Terkait :

loading...
loading...

Sponsored

Maaf Anda Sedang Offline