ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Pesawat Pengebom AS Lintasi Semenanjung Korea, Korut: Mereka Berusaha Picu Perang

0

PYONGYANG—Tindakan pesawat pengebom Amerika Serikat B-1B Lancer supersonik yang melintasi Semenanjung Korea dianggap Korea Utara sebagai provokasi dan memicu perang nuklir.

Pihak Amerika sendiri mengklaim penerbangan itu, sebagai bagian dari latihan dengan pesawat tempur Jepang dan Korea Selatan.

Angkatan Udara Amerika Serikat mengatakan, B-1B Lancer supersonik itu terbang pada Kamis, (2/11/2017) atau sehari sebelum Presiden Donald Trump tiba di Asia untuk menyoroti senjata nuklir Korea Utara.

Dilansir Channel News Asia, Jumat (3/11/2017), 2 pesawat pengebom B-1B lepas landas dari Pangkalan Angkatan Udara Andersen di Guam, dan bergabung dengan Angkatan Udara Jepang.

“Jet tempur pengebom B-1B kemudian melintasi daratan Korea untuk berintegrasi dengan pasukan Republik Korea di Laut Kuning,” demikian pernyataan Angkatan Udara Amerika Serikat.

Penerbangan pengebom B-1B Lancer supersonik di daerah tersebut membuat marah Korea Utara. Pihak Pyongyang sendiri pada Jumat (3/11/2017) dini hari, mengecam latihan gabungan tersebut dan menyebutnya sebagai tindakan provokasi.

“Kenyataan tersebut dengan jelas menunjukkan bahwa imperialis Amerika adalah pihak yang memperparah situasi di Semenanjung Korea dan berusaha untuk memicu perang nuklir,” demikian pernyataan Korea Utara yang disiarkan KCNA.

Ketegangan di Semenanjung Korea meningkat setelah Korea Utara gencar melakukan uji coba rudal balistik dan pengembangan program atomnya, termasuk menguji ICBM dan melakukan ledakan nuklir keenamnya. []

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...