ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Perusahaan IT Rusia Kembangkan Aplikasi ‘Panduan Halal’

Foto: Aawsat
0

RUSIA—Perusahaan industri digital, perangkat lunak dan aplikasi cerdas Rusia dikabarkan tengah membuat sebuah aplikasi untuk memudahkan umat Islam, Aawsat melaporkan pada Jumat (18/5/2017).

Layanan “Panduan Halal” adalah sebuah aplikasi untuk ponsel pintar yang akan memberi informasi dan petunjuk untuk menemukan masjid terdekat, bank syariah, restoran halal dan toko buku Islam. Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk memesan makanan halal dan mencari peluang kerja sesuai syariat Islam hanya dengan telepon pintar.

Airat Kasimov, seorang pengusaha Muslim Rusia, meluncurkan aplikasi ini pada tahun 2011. Aplikasi ini mulai debutnya di Rusia dan kemudian diperluas ke negara-negara lain seperti Thailand, London, Kanada, Kyrgyzstan, Kazakhstan, dan Azerbaijan.

Sejak diluncurkan, jumlah pengguna per hari meningkat dari 350 menjadi 800 orang. Kasimov mengatakan bahwa aplikasi tersebut mencakup layanan untuk memesan makanan halal, menyumbang masjid atau menggunakan layanan amal lainnya.

Pengurus proyek bermaksud untuk menggunakan pendapatan aplikasi “Panduan Halal” sebagai sumber pendanaan utama untuk mengembangkan “Bank Halal,” yang merupakan proyek lain yang direncanakan oleh Kasimov.

“Mirage” adalah program lain yang disediakan bagi umat Islam di Rusia oleh perusahaan perangkat lunak. Aplikasi ini bertujuan membantu Muslim ketika mempersiapkan kebutuhan haji dan umrah ke Tanah Suci. Saat menggunakan program ini, pengguna akan dimudahkan saat menjalani semua rukun saat kunjungan tersebut.

Program ini merupakan yang pertama dari jenisnya untuk membantu Muslim menjalankan umrah secara terpadu untuk membantu umat Islam sebelum mereka berangkat ke Tanah Suci. []

 

loading...
loading...