islampos
Media islam generasi baru

Perusahaan Asal Cheska Ini jadikan Siwak sebagai ‘Produk Revolusioner’

Foto: Facebook
0

REPUBLIK CHESKA—Sebuah perusahaan peralatan perawatan gigi telah mempromosikan Siwak. Perusahaan ini menggambarkan produk barunya ini sebagai produk “revolusioner” untuk perawatan gigi yang mereka sebut ‘Rawtoothbrush.’ Produk ini dianggap mengandung banyak vitamin dan mineral untuk kesehatan gigi dan gusi, Aboutislam melaporkan pada Selasa (18/4/2017).

“Alam telah menciptakan sikat gigi yang sangat sesuai dengan semua kebutuhan kebersihan gigi kita. ‘Rawtoothbrush,’ akan menjaga kesehatan mulut Anda,” tulis Yoni yang mempromosikan produknya lewat Facebook.

Produk perawatan gigi terbaru ini disebut akan “melindungi lapisan enamel gigi, mencegah kerusakan dan memutihkan gigi.”

“Sejak dahulu, orang telah menggunakan ranting, batang atau akar pohon Arak (yang tumbuh di negara-negara Arab) dan pohon limau atau akar pohon jeruk (di Afrika) untuk membersihkan gigi dan rongga mulut mereka,” tambah perusahaan tersebut.

Padahal, umat Muslim telah mengenal manfaat siwak ini sejak zaman Rasulullah SAW. Bahkan bersiwak termasuk sunnah. Beberapa kelebihan siwak adalah tidak memerlukan pasta gigi, air atau alat khusus untuk menggunakannya, serta mudah dibawa dalam tas atau saku.

Siwak juga bersifat ‘bisa sekali pakai’ dan ramah lingkungan. Karena itu, Siwak adalah sikat gigi yang paling aman bagi lingkungan. Beberapa orang bahkan percaya Siwak bekerja lebih baik daripada sikat gigi.

Tak hanya dilihat dari segi medis, alasan yang lebih kuat untuk menggunakan Siwak adalah termasuk sunnah. Dalam sebuah riwayat disebutkan:

Abu Hurairah mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW Bersabda, “Jika tidak membebani umatku, saya akan perintahkan mereka untuk menggunakan Siwak di setiap sebelum shalat,” (HR. Muslim).

Menurut peneliti, membersihkan gigi secara teratur dengan Siwak bersamaan dengan diet yang tepat akan mampu membuat perbedaan antara gigi sehat dan tidak sehat. []

loading...
loading...