ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Perumpamaan Iman dan Tubuh

Foto: flashnord.com
0 305

DALAM mendidik kita selaku umatnya, Rasulullah SAW hampir selalu menggunakan ungkapan-ungkapan dalam pemberian ilmunya. Perumpamaan ini pada akhirnya akan memudahkan kita untuk memahami apa yang Rasulullah maksudkan. Seperti dalam beberapa hadits berikut ini. Rasulullah mengumpamakan iman dengan tubuh.

Dari Abu Musa Al-Asy’ari, Rasulullah SAW bersabda, “Orang mukmin dengan mukmin yang lainnya laksana bangunan yang tersusun rapi, yang antara satu dengan yang lainnya saling memperkuat,” (Muttafaqun Alaih).

BACA JUGA:
Bangun Pemukiman di Mars, Negara Muslim Ini Siap Jadi yang Pertama
5 Tips Agar Perempuan Haid Imannya Tidak Menurun

Dari Nu’man bin Basyr, Rasulullah SAW bersabda,“Perumpamaan orang mukmin dalm cinta mencintai, kasih mengasihi, dan sayang menyayangi adalah laksana satu tubuh. Jika salah satu anggota tubuh sakit, maka seluruh tubuhnya akan merasakan sakit demam.” (Muttafaqun Alaih)

Al-Qadhi Iyadh mengatakan, “Penyerupaan orang-orang mukmin dengan suatu tubuh merupakan perumpamaan yang paling tepat dan mudah dipahami, serta menunjukan pengagungan hak-hak kaum muslimin dan perintah untuk saling tolong menolong.”

Ibnu Abi Jamrah mengatakan, “Rasulullah mengumpamakan iman dengan tubuh, sedangkan orang yang beriman dengan seluruh anggotanya, karena iman merupakan pokok, sedangkan cabangnya adalah tugas dan kewajiban. Oleh karena itu, jika seseorang merusak salah satu dari tugas tersebut, maka kerusakan itu akan berakibat pada yang pokok.” []

Sumber : Fiqih Wanita Edisi Lengkap/Syaikh Kamil Muhammad Uwaidah/Pustaka Al-Kautsar

Comments
Loading...