islampos
Media islam generasi baru

Perlu Diingat, Ini Waktu Terbaik untuk Berdoa

Foto: Adam/ Islampos
0

Berdoa merupakan senjata terbaik bagi umat muslim, namun terkait dikabulkan atau tidak tergantung Allah SWT saja yang mengetahuinya, ada waktu-waktu terbaik ketika berdoa. Waktu yang bisa diijabahnya doa-doa kita. Kapan saja waktunya? berikut penjelasannya seperti dikutip dari Majalah Ummi

1. Sepanjang malam, terutama pada sepertiga akhir dan waktu sahur

“Allah turun ke dunia apabila tinggal sepertiga malam terakhir dan berkata, ada sesiapa yang memohon kepada ku untuk aku kabulkan? ada sesiapa yang meminta kepadaku untuk aku berikan? ada sesiapa yang beristighfar kepadaku untuk aku ampunkan?”(HR. Bukhari)

2. Ketika bangun tidur

“Seseorang hamba yang tidur dalam keadaan bersuci dan lalu terbangun pada malam hari kemudian memohon sesuatu tentang urusan dunia atau akhirat, Allah akan mengabulkannya” – (HR. Ibnu Majah)

3. Ketika ayam berkokok

“Apabila mendengar ayam berkokok, mohonlah anugerahNya, karena ayam itu melihat malaikat” –(HR. Bukhari)

4. Antara adzan dan iqamat

“Doa tidak akan ditolak antara adzan dan iqamat”(HR. At-Tirmidzi)

5. Sujud

“Sehampir-hampir hamba kepada tuhanNya adalah pada waktu sujud, maka perbanyakkanlah berdoa”(HR. Muslim)

6. Selepas bershalawat dalam tahiyat akhir

“Nabi mendengar seorang sahabat membaca tahiyat akhir dalam shalat nya, memuji allah kemudian berselawat ke atas baginda, kemudian baginda bersabda : “mintalah kepada allah niscaya akan diberikan dan mohonlah niscaya dipenuhi”(HR. An-Nasa’i)

7. Usai shalat 5 waktu

“Ketika Rasulullah ditanya tentang doa yang paling didengari oleh Allah, baginda menjawab “di pertengahan malam dan selesai shalat fardhu.“”(HR. At-Tirmidzi)

8. Ketika diuji

“Atau siapakah yang memperkenankan doa orang yang menderita apabila dia berdoa kepadaNya dan yang menghapuskan kesusahan” (QS. An-Naml (27:62) )

9. Bermusafir

“Tiga doa yang tidak akan tertolak : doa orang yang di dzalimi, doa orang bermusafir dan doa  bapak kepada anaknya. (HR. At-Tirmidzi)

10. Ketika hujan turun

“Berdoalah pada waktu mustajab doa, yaitu sewaktu pasukan tentara bertempur, waktu mendirikan shalat dan ketika turun hujan.(HR. Abu Dawud).

Nah, Para pembaca Islampos yang dirahmati Oleh Allah mudah-mudahan Allah SWT mengabulkan Doa dan permintaan yang kita harapkan hanya kepada Allah SWT semata, dan Allah ridhoi semua aktivitas kita selama hidup. Aamiin Allahumma Aamiin.[]

 

loading...
loading...