ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Perlu Diingat, Ini Ciri-ciri Hamba yang Dicintai Penduduk Langit

0

Advertisements

Allah yang maha berkendak atas kejadian hamba-Nya, karena Allah  Menciptakan segala yang ada di bumi dan di langit.  Dia bisa  membuat hamba menjadi mulia atau terhina, tergantung pada ikhtiar dan keistiqomahan yang ada pada diri setiap hamba.

Setiap umat manusia secara logika sehatnya pasti menginginkan posisi yang mulia di hadapan manusia lainnya. Namun, mulia di mata manusia tidak menjamin menjadi mulia di hadapan Allah. Oleh karena itu, sebagian besar umat Islam berharap untuk meraih ridha Allah dan menjadi mulia disisi-Nya.

Ketika Allah menjadikan hamba-Nya mulia, maka mulia pula lah hamba-Nya dihadapan penduduk langit dan bumi. Sebagaimana hadits berikut ini.

Apabila Allah mencintai seorang hamba, Dia akan memanggil jibril,seraya berkata…”Sungguh Aku mencintai fulan, maka cintailah ia”. Jibripun bergegas dgn serta merta mencintainya, dan berseru dgn lantang pada penghuni langit “Allah mencintai si fulan, maka cintailah ia…!!!”. Penghuni langitpun seketika itupun mencintainya.Setelah itu di bumi, ia pun di cintai manusia “. (HR Muslim)

Baca Juga : Abu Bakar Ash-Shidiq Mukmin yang Paling Sempurna Imannya
Adapun sebagai menambah wawasan dan mengintropeksi diri kita secara pribadi, berikut ciri-ciri hamba yang disayangi Allah dan terkenal oleh penduduk langit.

1. Orang yang Menyayangi
Rasulullah bersabda:

الرَّاحمُونَ يَرحمُهُم الرّحمنُ تبارك وتعالي ارْحَموا مَنْ في الأرض يرحمْكُم من في السَّماءِ

“Sayangilah makhluk yang ada dibumi, niscaya yang ada dilangit akan menyayangimu”.( Hadits Shahih, Riwayat ath-Thabrani dalam al-Mu’jam al-Kabir, Lihat Shahiihul jaami’ no. 896).

Hadits shahih lainnya.

“Sesungguhnya Allah menyayangi hamba-hambaNya yang penyayang“(HR Bukhori Muslim).

2. Senantiasa Mensucikan Diri
“Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan mensucikan diri”. (QS Al-Baqarah: 222)

3. Diberikan Ujian
“Bila Allah mencintai suatu kaum maka Dia memberikan mereka ujian (dengan berbagai musibah)”. (HR Ahmad).

4. Bertakwa
“Maka sungguh, Allah mencintai hamba hamba-Nya yang bertakwa.” (QS Ali Imran: 76).

5. Senantiasa Bersabar
“Dan Allah mencintai hamba hambaNya yang sabar.” (QS Ali Imran: 146).

6. Orang-orang yang Mengikuti Rasul
“Katakanlah kalau kalian benar-benar mencintai Allah, maka ikutilah aku (Rasulullah) niscaya Allah mencintai kalian dan mengampuni dosa dosa kalian…” (QS Ali Imran: 31).

7. Berperang Membela Agama Allah
“Sesungguhnya Allah mencintai hamba hamba-Nya yang berperang di jalan-Nya dalam barisan yang teratur, mereka seakan-akan seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh.” (QS Shaff: 4).

8. Berbakti kepada Ibunya
Rasulullah pernah bersabda, ketika itu SitiAisyah ra, menerima tamu yang ingin berjumpa dengan Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Salam. Namun dikarenakan ibunya sudah tua dan sakit-sakitan, dan ia tidak dapat meninggalkan ibunya terlalu lama. Maka ia putuskan untuk segera pulang kembali ke Yaman tanpa mencapai tujuannya berjumpa Rasulullah. Setelah mengetahui hal tersebut Rasulullah bersabda: “Uwais Al-Qarni anak yang taat kepada ibunya, adalah penghuni langit, Wallahu A’lam Bish-showab. []

 

 

Sumber:Hijaz[dot]id

loading...
loading...

Sponsored

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline