ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

WHO Peringatkan Nasib Pasien Gaza

Foto: PIC
0

PALESTINA—Israel dilaporkan telah menunda atau menolak dua dari lima pasien untuk mendapat akses kesehatan yang lebih baik di Jalur Gaza.

Menurut laporan PIC mengutip WHO, selama periode Juli, dua warga Palestina, seorang anak laki-laki berusia lima tahun dan seorang pria berusia 22 tahun, meninggal sambil menunggu izin untuk meninggalkan wilayah yang diblokade tersebut untuk memperoleh perawatan.

Dalam laporan bulanan mengenai rujukan pasien Gaza, WHO mengatakan, 42,6 persen pasien tidak memperoleh izin di mana  45 dari total 1.847 aplikasi ditolak, sementara 742 tertunda tanpa tanggapan dari Israel. Di antara mereka yang tertunda, 153 anak di bawah umur dan 89 orang di atas 60 tahun.

Sementara itu, sebagian besar izin untuk pendamping pasien juga ditolak pada bulan Juni, dengan hanya 47,7 persen dari 2.013 pemohon mendapatkan persetujuan untuk menemani orang yang mereka cintai ke rumah sakit.Laporan tersebut mengatakan 94 pasien (57 laki-laki dan 37 perempuan) diminta untuk diinterogasi oleh Layanan Keamanan Umum Israel di Erez pada bulan Juli. Dan  hanya lima pasien yang diberikan izin untuk menerima perawatan

Dilansir dari Middle East Monitor, Selasa (12/9/2017), Yousef Zourub, seorang pria berusia 22 tahun dengan penyakit Gaucher, mengalami kasus pneumonia parah. Ia melewatkan beberapa pengobatan di Rumah Sakit Makassed di Yerusalem Timur yang diduduki setelah permohonannya untuk izin keluar Israel tidak dikabulkan. []

loading...
loading...