islampos
Media islam generasi baru

Perbedaan Biaya Haji di Negara-negara Mayoritas Muslim

Foto: Cendekia
0

RIYADH — Tiap tahun, jutaan Muslim berdatangan ke Tanah Suci untuk melaksanakan ibadah haji di Makkah. Perjalanan ibadah ke Makkah itu bisa memakan biaya bervariasi di negara Muslim satu dengan negara Muslim lainnya.

Bagi warga Muslim di Malaysia, biaya haji relatif murah dibandingkan negara mayoritas Muslim lain. Sebab, rata-rata pendapatan warga lebih besar dari biaya paket ibadah haji, demikian dilansir Aljazirah pekan ini.

Rata-rata, biaya haji di Malaysia setara sekitar enam bulan gaji pekerja. Sementara bagi Muslim Bangladesh, biaya haji di sana setara tiga tahun gaji.

Di Indonesia, seorang Muslim bisa berhaji dengan biaya yang dikumpulkan hampir setahun gaji. Sementara Muslim India, Pakistan, Nigeria, dan Mesir harus mengumpulkan dana setara dua tahun gaji untuk bisa berhaji.

Dari sisi besaran, biaya haji di Indonesia dan Pakistan adalah yang termurah, sekitar 3.000 dolar AS. Biaya haji termahal adalah di Mesir dengan biaya sekitar 6.000 dolar AS. Sementara biaya haji di Malaysia, Bangladesh, dan Nigeria hampir menyentuh 5.000 dolar AS. Di India, biaya haji hampir mencapai 4.000 dolar AS.[]

 

Sumber:ihram.co.id

loading...
loading...